Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Blitar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jumlah Peserta Pilkades Serentak di Kotawaringin Timur Jadi 90 Desa

  • Oleh Rafiuddin
  • 05 Oktober 2016 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Kotim - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, ditunda, jumlah wilayah yang menggelar Pilkades bertambah jadi 90 desa. Pemerintah Kabupaten KotawaringinTimur sudah memutuskan menunda pilkades, dari Obtober 2016, ditunda hingga Maret 2017.

'Karena adanya penundaan ini otomatis jumlah yang menggelar pilkades serentak nanti akan bertambah. Memang awalnya hanya 80 desa. Pada 2017 nanti akan bertambah sekitar 90 desa semuanya,' kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Badan Pemerintahan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kotim, Juliansyah, Rabu (5/10/2016).

Meski ditunda dan jumlah desa yang akan menggelar pemilihan serentak ini bertambah banyak. Dia optimis pemilihan kepala desa serentak yang digelar pada 2017 mendatang ini akan berjalan dengan baik.

Penundaan itu katanya terjadi karena ada hal tehnis, misalnya terkait adanya rasionalisasi anggaran. Selain itu karena pembahasan peraturan daerah cukup alot sehingga tidak memungkinkan lagi seluruh tahapan dijalankan sepenuhnya dalam tahun ini.

Peraturan daerah yang ada pun beberapa poin di dalamnya harus revisi. Salah satunya terkait syarat minimal bakal calon kepala desa adalah setingkat SMP, padahal dalam undang-undang disebutkan syarat pendidikan terendah adalah setingkat SMA.

Revisi perda tersebut untuk menyesuaikan dengan undang-undang. Dalam Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 pasal 50 ayat 1, syarat minimal calon harus berpendidikan SMA. Aturan itu bukan hanya untuk kepala desa tetapi juga syarat Ketua RT minimal berpendidikan SMA.

Pemerintah daerah mengalokasikan dana Rp6,4 miliar, namun karena pelaksanaannya ditunda 2017 maka penggunaan anggaran akan disesuaikan.

Dari 168 desa yang ada di Kotawaringin Timur, sebanyak 90 desa yang akan menggelar pilkades.

Juliansyah berharap, pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di sekitar 90 desa di Kotawaringin Timur ini berjalan dengan lancar. Dari 168 desa di Kotim hanya 78 desa yang tidak menggelar pemilihan. (RAFIUDIN/N).

Berita Terbaru