Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sleman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Percobaan Jaringan PLN Buntok Berdampak Buruk bagi Pelanggan

  • Oleh H Laily Mansyur
  • 06 Oktober 2016 - 16:48 WIB

BORNEONEWS, Barito Selatan - Masa percobaan penggunaan jaringan PLN Rayon Buntok Barito Selatan (Barsel), dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) menjadi jaringan transmisi Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) berdampak buruk bagi pelanggan. Pasalnya, dari masa uji coba peralihan tersebut tidak jarang terjadi ganguan jaringan, terutama seringkali adanya  pemadaman listrik mendadak.

Lantaran adanya pemadaman listrik tidak teratur itu, jadi berdampak buruk bagi pelanggan setempat. Tidak sedikit peralatan elektronik rumah tangga warga mengalami kerusakan. Tidak bisa dipungkiri jika hal tersebut menjadi keluhan warga. Sejumlah pelanggan harus menelan kerugian untuk memperbaiki peralatan elektronik yang rusak akibat putus dan tersambungnya aliran listrik yang tidak menentu.

Satya Lidim (45), ibu rumah tangga, warga Jalan Panglima Buntok, diamini sejumlah warganya kepada PPost, Rabu (5/10/2016) mengeluhkan, semenjak masa percobaan PLTD ke PLTMG ini, peralatan elektroniknya banyak yang rusak. Diakuinya, sejak dua bulan terkahir ini, selain merusak peralatan elektronik, tegihan rekening listrik di rumahnya malah melonjak naik.

Padahal menurut dia, pemakaian aliran listrik dirumahnya tidak berbeda dengan masa masa sebelumnya, bahkan sering padam. "Yang menjengkelkan bagi saya, biasanya tagihan rekaning listrik kami berkisar dua ratusan ribu saja. Tapi sekarang justru melonjak diluar akal sehat, hingga enam ratus ribu lebih perbulannya," keluh Satya.

Hal senada dipaparkan Purwanto (50), warga Jalan Padat Karya Buntok, yang menanggung beban kerusakan alat elektronik di rumahnya  akibat masa uji coba jaringan PLN. "Terserah kalau orang kaya. Tapi bagi saya yang hidup pas pasan, sudah gaji pegawai honorer ini sedikit, ditambah tagihan rekening listrik melonjak dan peralatan elektronik kami banyak yang rusak. Sepertinya ini ujian berat untuk saya," keluh Purwanto (H. LAILY MANSYUR/N).

Berita Terbaru