Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesisir Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Gunung Mas Monitoring Penggunaan Dana Desa dan ADD

  • 06 Oktober 2016 - 12:49 WIB

BORNEONEWS, Gumas - Anggota DPRD Gunung Mas, Untung Jaya Bangas mengatakan, akan monitoring, atau mengawasi penggunaan Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat dan alokasi dana desa (ADD) dari pemerintah daerah ke desa. Pihak Dewan ingin memastikan Dana Desa dan ADD dipergunakan sesuai peruntukannya.

'Dalam beberapa kesempatan kami anggota DPRD Gunung Mas juga melakukan monitoring penggunaan dan desa dan ADD,' kata Untung Jaya Bangas kepada Borneonews melalui sambungan telepon selular, Rabu (5/10/2015).

Menurut Untung, monitoring yang dilakukan kalangan anggota DPRD Gumas bukan tanpa alasan. Hal tersebut untuk memastikan dana desa dan ADD benar-benar dipergunakan dengan baik dan sesuai peruntukannya. Terlebih, kata dia, dana yang diberikan pemerintah ke desa cukup besar, mencapai Rp1 miliar untuk satu desa.

'Tujuan dari monitoring adalah untuk memastikan dana desa dan ADD digunakan untuk membangun desa dan kepentingan masyarakat,' ucap anggota DPRD Gumas dari Fraksi Demokrat itu.

Menurut dia, dari monitoring yang dilakukan anggota DPRD Gumas belum lama ini. Desa-desa sudah mulai memanfaatkan dana yang mereka terima untuk membangun berbagai pasilitas umum untuk masyarakat. Diharapkan, dengan dimanfaatkannya dana desa dan ADD benar-benar mampu meningkatkan kesejahteran masyarakat desa.

'Besar harapan kita dengan adanya dana desa dan ADD, desa 'desa di Kabupaten Gunung Mas bisa lebih maju dan masyarakat sejahtera,' cetus politisi Partai Demokrat itu.

Pada kesempatan itu, Untung mengingatkan, kepada kepala desa dan jajarannya supaya menggunakan dan mempertanggungjawabkan dana desa dan ADD seseuai ketentuan yang berlaku. hak itu, ujar dia, untuk menghindari permasalahan di kemudian hari.

'Jangan sampai melakukan penyimpangan terhadapan dana desa dan ADD,' pesan Untung.

Untung Jaya Bangas menambahkan, kepada kepala desa, BPD dan seluruh perangkat desa. Supaya saling bekerja sama dalam melaksanakan pembangunan dan pemerintahan di desa. Dengan harapan, semua kegiatan yang dilakukan di desa benar-benar sejalan dengan harapan masyarakat.

'Dalam melakukan pembangunan di desa harus saling bekerja sama semua perangkat desa, dengan melibatkan peran aktif masyarakat,' harapnya. (EPRA SENTOSA/N).

Berita Terbaru