Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Faktor Alam Akibatkan Penurunan Produksi padi

  • 06 Oktober 2016 - 14:57 WIB

BORNEONEW, Kapuas -- Produksi padi di Kabupaten Kapuas mengalami penurunan akibat faktor alam serta hama dan lahan basah kering akibat pengaruh kemarau panjang 2015.

"Untuk tahun 2016 terjadi penurunan produksi padi karena faktor iklim, serta hama dan terjadi peningkatan keasaman air,"  kata Anjono Bhakti Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura.

Anjono mengakui, ada berapa persen penurunan di 3 titik hospot namun belum dihitung berapa persen penurunan terhadap produksi padi. 

"Akibat lainya (lahan basah kering), akibatnya keasaman air naik yang berdampak pada kerusakan tanaman padi terutama batang padi menjadi kuning."ungkapnya.

"Saat pembuahan padi di musim kemarau datanglah hujan. Akibatnya terjadi kekosongan buah pada padi. Namun itu hanya terjadi di Kapuas Murung," imbuhnya.

Ditambahkan Dia ,lahan kering basah ini mengakibatkan munculnya berbagai penyakit seperti walang sangit angpangau.  "Tetapi ini masih belum dikatakan gagal panen. Sebab di Kecamtan Tamban Catur, Kapuas Timur dan Bataguh masih meningkat produksi padinya. Bahkan di Desa Terusan masih panen." (Djemmy/*)

Berita Terbaru