Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Sekonyer Penyangga Pariwisata TNTP

  • Oleh Cecep Herdi
  • 06 Oktober 2016 - 14:27 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Desa Sekonyer yang berada di Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) merupakan desa penyangga kawasan Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP). Keberadaannya dianggap penting dalam pengembangan objek pariwisata. Atas dasar itu desa Sekonyer dijadikan sebagai desa wisata.

"Wilayah kami berada di wilayah TNTP yang menjadi wisata lokal dan mancanegara, potensi itu juga dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian," ujar Sekretaris Desa Sekonyer Taufik, melalui sambungan telepon, Rabu (5/10/2016).

Jumlah penduduk sekonyer saat ini sebanyak 160 Kepala Keluarga (KK) dengan mayoritas matapencaharian sebagai petani dan pengrajin.

Menurut Taufik, masyarakat desa Sekonyer terampil dalam membuat suvenir dan cinderamata seperti parung hewan primata Orangutan dari limbah kayu. 

"Selain suvenir, masyarakat juga menyediakan rumah-rumah mereka sebagai rumah persinggahan atau home stay untuk wisatawan. Dan ada juga penampilan seni budaya seperti kesenian Betirik yang ditampilkan oleh masyarakat setempat,"

Guna mempertahankan kesenian Betirik, para sesepuh di sana turun tangan dengan menjaga dan memainkan kesenian tradisi tersebut.

Di akuinya Taufik, kunjungan wisatawan ke TNTP dan ke desa Sekonyer bersifat situasional. Artinya ada musim dimana para wisataran ramai berkunjung dan sebaliknya. "Wisata di sini sesuai musim, masyarakat desa Sekonyer biasanya menyiasati saat sepi wisatawan dengan melakukan bercocok tanam," pungkasnya. (CP/*)

Berita Terbaru