Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peserta Rally Sail Indonesia 2016 Disambut Tarian Dayak dan Arak

  • Oleh Cecep Herdi
  • 07 Oktober 2016 - 07:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebanyak 60 peserta Rally Sail Indonesia yang berasal dari negara Belgia, Australia, Austria, Amerika, Afrika Selatan dan sejumlah negara di benua Eropa tiba di Pangkalan Bun, Kamis (6/10/2016). Kedatangan puluhan turis mancanegara itu dalam rangka Rally Sail Karimata 2016. Para peserta kemudian disambut tarian adat Dayak dan minuman arak sebagai tanda persaudaraan di Rumah Betang, Jalan Pasir Panjang, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat.

Saat tiba di Rumah Betang, puluhan peserta Rally Sail ini kemudian memasuki pintu rumah adat. Mereka disambut dengan upacara Potong Pantan. Aksi pesilat khas Dayak juga ikut menyambut kedatangan puluhan peserta dari berbagai negara tersebut. Setelah penyambutan, para peserta diajak untuk minum arak sebagai tanda persaudaraan datang ke Kabupaten Kobar. Kemudian para peserta juga diajak menari Mamasay khas Dayak.

Peserta dari Amerika, Michael mengaku senang bisa berkunjung ke Kabupaten Kobar. Tujuan utamanya ingin melihat Orangutan di habitat aslinya di Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP).

"Saya datang ke sini ingin melihat Orangutan yang sudah mendunia di TNTP. Tapi setelah saya melihat, di sini juga ada budaya yang menurut saya sangat menarik dan saya menikmati itu," aku Michael usai menyaksikan tarian adat Dayak berupa Potong Pantan.

Selain disambut dengan tarian adat Dayak, puluhan peserta Rally Sail Indonesia yang melintasi Selat Karimata ini juga dijamu minuman arak. Hal itu disambut gembira oleh para peserta. Seperti yang diungkapkan Kyle, warga Afrika Selatan. "Kalimantan sangat indah dan istimewa, warganya ramah, dan budayanya sangat menarik minat kami," katanya.

Sebelum singgah di Pangkalan Bun, puluhan peserta yang berwisata dengan kapal kecil itu terlebih dahulu singgah di pulau Dewata Bali. Setelah singgah di Pangkalan Bun selama beberapa hari, mereka kemudian akan melanjutkan pelayaran ke Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar). Enam puluh peserta Rally Sail Indonesia 2016 itu menumpangi 30 kapal kecil. Mereka dijadwalkan akan berada di Pangkalan Bun hingga 8 Oktober 2016. (CECEP HERDI/m)

Berita Terbaru