Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Solok Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polres Kapuas Akan Pasang 18 Titik CCTV

  • 07 Oktober 2016 - 13:36 WIB

BORNEONEWS, Kapuas - Polres Kapuas akan memasang 18 titik CCTV. Pihak kepolisian sudah merancang pengembangan keamanan berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), dengan memasang CCTV untuk memantau titik rawan berpotensi terjadinya gangguan Kamtibmas. Rapat koordinasi dan Sosialisasi Mendorong pemanfaatan alat-alat pengamanan berbasis Teknolagi (Panic Butto, Alarm dan CCTV), di Aula Sat Lantas Polres, dihadiri pengusaha toko perhiasan dan perhotelan

Kapolres Kapuas, AKBP Jukiman Situmorang SIK mengatakan, investasi keamanan memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat,sebab pengusaha berpotensi menjadi sasaran korban kejahatan terutama pengusaha toko emas untuk alat CCTV sangat bermanfaat mengantisipasi terjadinya tindak kriminal.

"Polisi harus moderen dengan pemanfaatan teknologi jangan sampai kalah dengan pelaku-,pelaku kejahatan. Makanya dengan adanya CCTV ini dapat membantu kinerja polisi untuk memberikan jaminan kemanan bagi masyarakat, terutama para pengusaha yang berpotensi menjadi korban kejahatan," kata Kapolres Kapuas, AKBP Jukiman Situmorang, Kamis (6/10/2016).

Nantinya 8 camera cctv lanjut mantan Kapolres Kota Palangka Raya ini, dipasang di sepanjang jalan Soedirman yang menjadi pusat perdagangan perhiasan serta barang-barang elektronik dan kawasan ini akan dijadikan percontohan pengunaan sistim pengaman berbasis teknologi. Lalu, 10 lainnya, dipasang di sejumlah jalan protokol.

"Kawasan jalan Soedirman banyak pengusaha baik perhiasan, elektronik, tekstil dan perlengkapan sekolah, saya dan jajaran harus memberikan jaminan keamanan bagi mereka dengan kejahatan selalu menjadikan mereka sasaran empuk." ungkapannya.

Untuk itu pihaknya akan membanguan Pospol di Pasar Danumare, sebagai pos pantau namun nantinya desain bangunan tersebut lebih mengangkat kearifan lokal dan sekaligus tempat operator server CCTV dan nantinya 10 cctv akan di pasang di jalan-jalan protokol serta kawsan perhotelan yang rentan berpotensi terjadinya tindakan kriminal.

"Semuanya tergantung peran serta masyarakat,tanpa peran masyarakat polisi tidak bisa berbuat apa-apa dan nantinya gedung Pospol pantau tersebut di desaian sesuai dengan kearifan lokal," katanya. (DJEMMY NAPOLEON/N).

Berita Terbaru