Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jembatan Cukai Pulang Pisau Baru Bisa Tersambung 2017

  • Oleh James Donny
  • 08 Oktober 2016 - 12:55 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Jembatan Cukai Pulang Pisau, di Muara Anjir diperkirakan baru bisa tersambung dan digunakan lagi, pada 2017, setelah 19 bulan lamanya ditutup dan tidak bisa dilalui kendaraan. Pasalnya, tahun ini pihak Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pulang Pisau hanya bisa menganggarkan pekerjaan tahap pertama untuk pembongkaran jembatan dan pembuatan abutment jembatan.

"Untuk pekerjaan tersebut dianggarkan dalam anggaran perubahan sebesar Rp3 miliar. Tahun ini kita menyediakan anggaran Rp3 miliar untuk pekerjaan tahap pertama, yakni membongkar jembatan yang ada, memancang dan membuat abutment," ujar Kabid Bina Marga Pulang Pisau, Hargatin, Jumat (7/10/2016).

Kelanjutan pembangunan jembatan itu, akan dianggarkan dalam APBD Murni 2017 untuk pembangunan konstruksi. Menurut Hargatin untuk full desain, pada pembangunan jembatan tersebut membutuhkan anggaran Rp9,7 miliar. Pihaknya juga sedang melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar jembatan, terkait pembangunan jembatan itu, dan melakukan upaya koordinasi untuk penempatan material sehingga tidak terjadi kesalahpahaman. Menurutnya kalau memakai baja, kekuatan jembatan akan bertahan lebih lama. 

 "Untuk tahap pembangunan fisik atau kontruksinya tidak ada perubahan bentuk dan estetika dari jembatan yang sebelumnya, dan hanya material saja yang kita ganti dari kayu menjadi baja," katanya. 

Pihaknya juga berharap ke depan ada pembebasan lahan dari masyarakat, untuk membangun fasilitas pendukung pada jembatan tersebut berupa taman. "Standarnya suatu jembatan harusnya bebas dari rumah-rumah masyarakat, namun kondisi kita sekarang ini tidak mungkin, jadi perlaha-lahan standartnya akan kita capai, saya yakin masyarakat akan paham betul bagaimana pembangunan kita yang layak," ujar Hargatin. Sebagaiman diketahui juga, di sekitar jembatan cukai saat berdiri bangunan-bangunan rumah masyarakat yang permanen.

Bupati Pulang Pisau, H Edy Pratowo juga berharap agar pembangunan jembatan ini bisa mempertahankan nilai kearifan lokal. "Kita juga mengharapkan ini menjadi salah satu destinasi wisata kita yang ada, meski sudah berganti material, tetapi tetap mempertahankan estetikanya sesuai dengan aslinya," kata Bupati Edy Pratowo. (JAMES DONNY/N).

Berita Terbaru