Aplikasi Manajemen Relawan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Lantik Penjabat Bupati Barito Selatan Mugeni

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 08 Oktober 2016 - 11:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Sekian lama menunggu SK Menteri Dalam Negeri (Mendagri), akhirnya Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan (Barsel) dilantik. Pejabat yang dipilih Mendagri  adalah Mugeni, yang saat ini menjabat Kepala Badan Penanaman Modal Daerah dan Perizinan terpadu satu pintu (BPMD - PTSP) Kalimantan Tengah. Pelantikan dilakukan Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran di Aula Jayang Tingang,  di Palangka Raya, Jumat (7/10/2016) petang.

Pengambilan sumpah dan janji jabatan tersebut juga dihadiri mantan Bupati Barsel, Farid Yusran dan bekas Wakil Bupati Barsel, Satya Titiek Atyani Djoedir. Juga ada pelaksana harian (Plh) Bupati Barsel selama SK Mendagri belum turun yaitu Edi Kristanto.

Usai memberikan kata-kata pelantikan, Gubernur Sugianto pun memberikan wejangan terkait tugas pokok Pj Bupati yang diemban Mugeni. Ia mengingatkan, penunjukan sebagai PJ adalah untuk mengisi kekosongan jabatan agar roda pemerintahan berjalan dengan baik.

Dikatakan Gubernur, Pelantikan Mugeni didasarkan SK Mendagri nomor 131.62-9733/2016 tanggal 6 Oktober, dengan masa tugas Pj Bupati Barsel ini adalah sampai dilantiknya Bupati dan wakil Bupati terpilih yang dilakukan serentak pada 15 Februari 2016 mendatang.

'Sesuai perundangan, masa jabatan Pj Bupati paling lama 1 tahun atau sampai dilantiknya bupati wakil definitif. Pj mempunyai tugas menyelenggarakan pemerintahan dan menfasilitasi penyelengaraan Pilkada,' tandasnya.

Dalam melaksanakan tugas, lanjutnya, ada rambu rambu yang dilarang untuk dilakukan Pj Bupati. Yaitu dilarang melakukan mutasi pegawai, membatallkan perijinan dan atau mengeluarkan perijinan yang bertentangan dengan yang dikeluarkan pejabat sebelumnya. Juga membuat kebijakan yang bertentangan dengan pejabat sebelumnya.

Jaga Netralitas ASN

Gubernur juga meminta Mugeni untuk menjaga netralitas Aparatur sipil negara (ASN) di Barsel. Ia juga meminta agar mampu menjaga situasi kondusif dan menjamin masyarakat bisa melakukan hak pilih dengan nyaman.

'Saya tekankan agar mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk menciptakan suasana kondusif dalam Pilkada agar bisa terselenggara lancar dan tertib sehingga bisa menggunakan hal pilih, serta menjaga netralitas pegawai,' pesan Gubernur Sugianto.

Sementara usai pelantikan, Mugeni saat diwawancarai mengaku siap mengemban amanah Mendagri dan beberapa hal yang dipesankan Gubernur. Hal pertama menurut Mugeni, akan melakukan konsolidasi kepada tokoh masyarakat agar suasana kondusif dan lancar.

'Tentu saya siap melaksanakan dan segera melakukan konsolidasi dengan beberapa tokoh disana. Kita berupaya agar kondusifitas terjaga.Minggu saya sudahdi Barsel untuk bersiap melakukan tugas hari pertama pada Senin depan,' urainya. (M. MUCHLAS ROZIKIN/N).

Berita Terbaru