Festival Budaya Isen Mulang
 
Selasa, 23 Mei 2017
 

 
 

Festival Keraton Nusantara

40 Raja dan Sultan Menginap di Grand Kecubung Hotel Pangkalan Bun

 
 
Sebanyak 40 raja dan sultan yang akan menghadiri acara Festival Keraton Nusantara X 2016 bakal menginap di Grand Kecubung Hotel Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, ISTIMEWA

Sebanyak 40 raja dan sultan yang akan menghadiri acara Festival Keraton Nusantara X 2016 bakal menginap di Grand Kecubung Hotel Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, ISTIMEWA

Borneonews

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebanyak 40 raja dan sultan yang akan menghadiri acara Festival Keraton Nusantara X 2016 bakal menginap di Grand Kecubung Hotel Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah,

“Kami sudah siap menerima tamu kehormatan ini. Kami sudah mempersiapkan diri sejak jauh hari untuk menyambut para raja dan sultan ini,” kata Executive Assistant Manager Grand Kecubung Hotel Bongit Sofyan Hendry, di Pangkalan Bun.

Para tamu ini akan datang pada 9 Oktober 2016 guna menghadiri perhelatan yang bakal berlangsung pada 9-12 Oktober 2016 ini.

“Selama berlangsungnya Festival Keraton Nusantara ini tingkat hunian kami mencapai 100%,” jelas Bongit. 

Seperti diketahui hotel yang berlokasi di Jl Domba No 1 Pangkalan Bun ini memiliki kapasitas 65 kamar. Sedangkan panitia Festival Keraton Nusantara telah mereservasi 40 kamar tipe Deluxe, Deluxe Pool, Grand Deluxe.

Selain bakal menerapkan standar pelayanan khas Grand Kecubung Hotel, khusus selama para tamu kehormatan ini menginap, seluruh staf dan karyawan hotel akan menggunakan seragam kuning yang menjadi seragam khas Kerajaan Kutaringin.

Penyelenggaraan Festival Keraton Nusantara X ini memang diharapkan dapat memberi kesan khusus bagi para tamu undangan yang hadir. Berbagai acara kegiatan bernuansa budaya khas keraton kesultanan atau kerajaan telah disiapkan menyemarakkan FKN X.

Seperti pawai atau kirab budaya dan prajurit keraton, pameran busana, pameran makanan khas dan pusaka keraton, pergelaran tari, seminar, dan sebagainya.

Acara dan kegiatan Festival Keraton Nusantara ini nantinya akan dipusatkan di empat lokasi, yakni di areal Istana Kuning, Stadion Sampuraga, areal lahan eks rumah jabatan bupati dan Universitas Antakusuma. 

Untuk menjangkau seluruh lokasi kegiatan itu, para raja dan sultan ini akan didamping seorang supir dan satu orang usher. Para usher ini mulai bertugas dari penjemputan di Bandara Iskandar, Pangkalan Bun, hingga dihantar menuju kamar hotel.

“Sebanyak 40 usher ini mendapat pelatihan dari Kantor Dinas Pariwisata dan Grand Kecubung Hotel. Mereka adalah para pelajar dari sejumlah sekolah yang ada di Pangkalan Bun,” ujar Bongit.

Layanan lain yang disediakan Grand Kecubung Hotel ini berupa sajian makanan  dengan perpaduan menu masakan lokal dan nusantara.

“Seperti sayur asem khas Kotawaringin Barat, ikan goreng colo-colo, telur masak abang, semur daging, rawon dan lain-lain,” kata Chef Choy yang bertanggung jawab menyusun variasi menu untuk para raja dan sultan ini.

Sajian santap pagi, siang, dan malam akan berlangsung di restoran hotel yang lokasinya hanya sekitar lima menit dari Istana Kuning ini.

Khusus pada sajian santap malam pada 11 Oktober 2016, rencananya akan ada persembahan tarian dari Medan.

Lantas bagaimana dengan layanan kamar?

“Sedangkan untuk layanan kamar tetap A la carte yang ada di dafter menu,” kata Chef Choy. (adv)



 


BERITA POPULER

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA
To Top