Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kolaka Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menteri LHK Tinjau Lokasi Lahan Tanpa Bakar di Desa Kelampangan

  • Oleh Wahyudi Hendra
  • 08 Oktober 2016 - 10:49 WIB

BORNEONEWS, Kelampangan -- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya meninjau lokasi lahan gambut di lokasi Balai Penelitian Kehutanan Banjarebaru, di lahan milik Tamannurudin, Kelurahan Kalampangan, Kota Palangka Raya, sekitar pukul 08.30 WIB, Sabtu (8/10).

Menteri LHK yang didampingi Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, langsung melihat kondisi lahan gambut dan lokasi tanaman. Di lokasi juga Menteri diperkenalkan petugas Sambuponti Nozzle Team dengan memperagakan cara bercocok tanam tanpa membakar dengan menggunakan mesin pompa. 

Menteri bersama Gubernur dan Wakil Walikota Palangka Raya diperagakan oleh  Sambusir  dari Pontianak yang menciptakan alat tersebut.

"Ini sangat bagus dan berguna bagi para petani.  Alat-alat pemadaman karya anak bangsa ini harus dipatenkan, ini sangat efektif," kata Siti Nurbaya. 

Sementara itu Tamannurudin atau yang biasa dipanggil  Pak Taman,  pemilik lahan atau ladang pertanian menyampaikan, penyiapan lahan yang efektif untuk membangun tanaman dengan cara pengendalian tanaman.

"Pengelolaan lahan berusaha menjadikan hasil ladang lebih baik dan sempurna, tanpa bakar,"  beber Taman kepada Mentrei LHK dan Gubernur. 

Ibu Menteri juga melakukan dialog dengan warga-masyarakat. 

Dalam kunjungannya selama dua hari,  selain mengunjungi Desa Kelampangan, Menteri LHK meninjau beberapa lokasi di wilayah kota Palangka Raya dan Kabupaten Pulang Pisau.  (giben/roziqin/*)

Berita Terbaru