Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Istimewanya Kunjungan Serentak di Rutan

  • Oleh Budi Yulianto
  • 09 Oktober 2016 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Layanan kunjungan serentak dalam rangka Hari Dharma Kadyadhika 2016 di Rumah Tahanan Kelas II A Palangka Raya memberi manfaat besar bagi para pengunjung. Mereka yang berdatangan menghadiri acara tersebut, juga berkesempatan berbincang dengan keluarga yang tersangkut pidana lebih dari tiga jam.

Waktu ini terbilang lama dibanding hari besuk biasa yang hanya dibatasi 30 menit per orang dari pukul 09.00 - 12.00 WIB. 

"Hari ini full time. Mereka sudah ada disini sejak pukul 07.30 WIB. Dan yang belum masuk akan kita berikan kesempatan sampai pada pukul 13.00 WIB. Kalau hari biasa, dimulai pukul 09.00 - 12.00 WIB. Itu pun dibatasi cuma 30 menit per orang," kata Kepala Rutan Kelas II A Palangka Raya Tunggul Buwono, Minggu (9/10/2016).

Dia menuturkan, total penghuni rutan berjumlah 529 pelaku tindak pidana. Terdiri dari 339 tahanan laki-laki dan 31 tahanan perempuan. Kemudian narapidana laki-laki 147 orang, sedangkan narapidana perempuan berjumlah 12 orang.

Dalam pemberian layanan serentak ini, penjagaan Rutan juga diperketat. Semua orang diperiksa tak terkecuali wartawan yang melakukan aktivitas peliputan. Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah instansi termasuk TNI dan Polri.

Dengan kegiatan tersebut, lanjut Tunggul, instasi terkait dapat bersinergi dalam hal memotivasi pelaku tindak pidana agar dapat berada di jalan yang benar. 

"Karena itu tugas kita bersama dalam memberikan penyadaran terhadap mereka (pelaku tindak pidana). Kami berharap, kegiatan ini dapat berkelanjutan," tutur Tunggul.

Sementara itu Inspektur Wilayah Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI Nugroho yang hadir pada kegiatan di Rutan Palangka Raya mengatakan, narapidana maupun tahanan merupakan orang yang tersesat dan perlu diayomi. 

"Mereka bisa menjadi baik itu bukanlah semata tugas Rutan atau Lapas. Tapi merupakan tugas kita bersama," katanya. (BUDI YULIANTO/m)

Berita Terbaru