Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pemalang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Motoris Speedboat Harus Utamakan Keselamatan Penumpang

  • Oleh Norhasanah
  • 10 Oktober 2016 - 15:58 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Kasatpol Air Polres Sukamara, Ipda Herbet Simanjuntak menghimbau para motoris speedboat senantiasa mengutamakan keselamatan penumpang, antara lain selalu menyiapkan baju pelampung atau Safety Jacket untuk keselamatan diri dan penumpanga. Kurangnya perhatian motoris pada keselamatan penumpang akan membuat risiko kecelakaan lebih besar.

'Selain menggunakan baju pelampung motoris bisa memanfaatkan jerigren bekas yang dibuat sedemikian rupa agar seperti pelampung, karena keselamatan penumpang saat menumpang ditransportasi air sangat penting,' ujar Kasatpol Air Polres Sukamara, Ipda Herbet Simanjuntak, Minggu (9/10/2016).

Herbet juga mengungkapkan, Polres Sukamara membagikan jaket pelampung kepada seluruh motoris di Pelabuhan Sukamara. Menurut Herbet jaket pelampung yang diberikan tersebut bisa meningkatkan keamanan bagi penumpang angkutan air.

'Tahun lalu kami pernah membagikan jaket pelapung,  sebagai bentuk antisipasi agar masyarakat yang mobilitasnya tinggi dengan transportasi air lebih tenang karena adanya alat keselamatan,' kata Herbet.

Menurut Kasatpol Air banyaknya masyarakat Kabupaten Sukamara memilih angkutan air karena selain jarak tempuh cukup dekat dan lebih praktis juga terdapat beberapa desa yang masih sulit diakses dengan jalur darat. Contohnya seperti Sukamara menuju Desa Air Hitam di wilayah Kalimantan Barat umumnya masyarakat Sukamara masih menggunakan angkutan sungai karena hanya ditempuh dalam  dua Jam saja dan beda dengan jarak yang bisa memakan waktu satu hari.

'Kalau warga mau ke Kalbar banyak yang pakai Speed  Boat perbedaan waktu tempuh memang sangat jauh apabila dibandingkan kalau menggunakan jalur darat,' terang Herbet.  (NORHASANAH/N).

Berita Terbaru