Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Penukal Abab Lematang Ilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Nasehati Pengedar Narkoba agar Bertobat

  • Oleh Wahyudi Hendra
  • 10 Oktober 2016 - 09:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran menasehati pengedar dan bandar narkoba yang ditahan di sel Badan Narkotika Nasional (BNN) Kalteng, agar bertobat. Gubernur melakukan kunjungan kerja ke kantor BNN Provinsi, dan BNN Kota Palangka Raya, Jalan Tangkasiang, Palangka Raya, Senin (10/10/2016).

"Jangan lagi ya mengedar atau menggunakan narkoba. Sudah tahu merusak masih saja melakukan. Ini yang dirugikan masyarakat. Cukup ini saja, setelah bebas nanti jangan lagi mengedar atau menggunakan narkoba. Kasian anak istri dan keluarga," ucap Gubernur saat berbincang dengan sejumlah tahanan narkoba.

Gubernur juga prihatin dengan kondisi masyarakat Kalteng yang terus dicekoki narkoba hingga sampai ke pedalaman desa di wilayah Kalteng. 

"Apa tidak kasihan dengan keluarga orang lain setelah dicekoki narkoba bahkan sampai ke perdesaan. Kan kasihan, sadarlah, cukup saja."

Di bagian lain nasehatnya, dengan nada kebapakan, Gubernur meminta para tahanan untuk berubah dan jangan lagi mengedarkan narkoba setelah bebas nanti, sehingga diterima masyarakat dan bekerja untuk kehidupan keluarga. "Jangan melakukan lagi ya, nanti setelah bebas kembali ke masyarakat dan bekerja. Carilah pekerjaan yang baik dan jangan melakukan perbuatan atau mengedarkan narkoba lagi."

Salah satu tahanan yang sudah berusia lanjut, Nasa (58), berjanji akan berubah dan insyaf karena tidak memiliki pekerjaan tetap selama hidup dimasyarakat. "Iya Pak, saya khilaf. Saya akan berubah kalau sudah keluar nanti pak."

Kepada Gubernur Sugianto, Nasa yang ditangkap saat membawa dua gram sabu itu, mengatakan, ingin minta kepada Gubernur dan BNN untuk dikenakan hukuman rehabilitasi. "Saya ingin dihukum rehabilitasi saja pak, walaupun saya tahu tidak mungkin bisa. Hanya mohon kepada pak Gubernur untuk bisa membantu saya."

Gubernur Sugianto Sabran mengecek kantor Badan Narkotika Nasional, sekitar pukul 08.00 WIB. Kedatangan Sugianto beserta rombongan disambut Kepala BNN Kalteng, Kombes Pol Sumirat Dwiyanto dan pejabat BNN lainnya.

Mereka kemudian melakukan pengecekan ruang tahanan BNN yang kala itu berisi lima orang pelaku tindak pidana narkotika. Dari jumlah tersebut, satu di antaranya merupakan perempuan.

Sugianto lalu kembali melanjutkan pengecekan dengan mengitari seluruh lokasi BNN Kalteng. Selanjutnya, pengecekan juga dilakukan di BNN Kota Palangka Raya yang terletak bersebelahan dengan BNN Kalteng.

Sugianto menyempatkan diri berbincang dengan sejumlah pegawai. Usai pengecekan, Sugianto menuju ruang Kepala BNN Kalteng. Selanjutnya menuju ruang rapat dan menyampaikan maksud tujuan kedatangannya. (Giben/N).

Berita Terbaru