Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Malaka Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

18 Orangutan Dilepasliarkan di Lokasi Wisata Sepan Apoi

  • Oleh Abdul Gofur
  • 10 Oktober 2016 - 11:11 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sebanyak 18 individu orangutan telah dilepasliarkan di lokasi obyek wisata Sepan Apoi Desa Batu Panahan, Kecamatan Marikit, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. Pelepasliaran dilakukan oleh pihak Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) Nyaru Menteng Palangka Raya.

Menurut Camat Marikit, Kalpin, sebanyak 18 orangutan itu dilepasliarkan dalam dua tahap. Tahap pertama sebulan lalu, dan tahap kedua Oktober 2016. Dalam 2 tahap itu, total orangutan yang dilepasliarkan di wilayahnya sebanyak 18 individu orangutan.

"Pada 6 Oktober sebanyak 4 individu orangutan dilepasliarkan di Sepan Apoi, kemudian menyusul Sabtu (8/10/2016), juga sebanyak 4 individu orangutan pada lokasi yang sama," sebut Camat Marikit, Kalpin di sela mengikuti acara deteksi dini untuk unsur Pemerintah Kabupaten Katingan tahun 2016 di Hotel Katingan, Kasongan, Senin (10/10/2016).

Kalpin menuturkan lokasi Sepan Apoi ini masuk wilayah Taman Nasional Bukit Baka. Jika ditempuh dari Tumbang Hiran, ibu kota Kecamatan Marikit, lebih dulu naik transportasi darat menuju Desa Tumbang Tundu kurang lebih satu jam perjalanan. Setelah itu perjalanan dilanjutkan menggunakan transportasi sungai, atau air, ke Sepan Apoi kurang lebih 4 jam.

"Di Sepan Apoi ini ada sumber air yang cukup panas, telur ayam yang dicelupkan dalam sekejab bisa langsung masak," sebut Kalpin. 

Selain ada sumber air panas, Sepan Apoi juga memili sungai bernama Sungai Sepan. Sungai ini memiliki banyak bebatuan dan airnya cukup jernih. "Yang jelas lokasi Sepan Apoi itu dipilih untuk pelepasliaran orangutan itu memang lokasinya masih asri dan aman dari gangguan terutama manusia."

Kalpin mengatakan, dalam waktu yang tidak lama lagi pihak BOS Nyaru Menteng Palangka Raya bakal kembali melepasliarkan sejumlah individu orangutan. (ABDUL GOFUR/N).

Berita Terbaru