Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Belu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Seruyan Hulu Usulkan Pemekaran Kecamatan Baru

  • Oleh Parnen
  • 10 Oktober 2016 - 16:57 WIB

BORNEONEWS, Seruyan - Warga sejumlah desa di Kecamatan Seruyan Hulu mengusulkan kepada pemerintah Kabupaten Seruyan untuk kembali memekarkan wilayah kecamatan mereka menjadi kecamatan baru yang disebut Kecamatan Seruyan Hulu Utara.

Menurut sebagian warga yang tinggal di kecamatan itu, meskipun wilayah Kecamatan Seruyan Hulu sebelumnya sudah pernah dilakukan pemekaran dengan hadirnya Kecamatan Suling Tambun, namun dari segi tingkat perkembangan kemajuan wilayah kecamatan induk (Seruyan Hulu) belum begitu menunjukan peningkatan kemajuan.

Kondisi masih terhambatnya peningkatan akses kemajuan pembangunan dan sumber daya masyarakat (SDM) setempat, masih dikarenakan hingga saat ini sebagian besar wilayah pedesaan yang berada di Kecamatan Seruyan Hulu masih banyak kendala yang dihadapi untuk kemajuan. Salah satu kendala utamanya, masih minimnya penyediaan akses transportasi yang memadai bagi warga untuk bisa lebih leluasa melakukan aktivitas perekonomian disana.

'Maklum wilayah kecamatan kami (Seruyan Hulu) posisinya terbilang sangat jauh dari lokasi ibukota kabupaten. Dimana untuk akses jalan penghubung saja masih sulit dijangkau. Terlebih sebagian besar warga desa disana ada yang menggantungkan aktivitas perekonomian dengan wilayah kabupaten tetangga. Karena akses jangkauannya jauh lebih dekat,' kata Sehan Nuhil (43), warga Seruyan Hulu kepada Borneonews di Kuala Pembuang, Senin (10/10/2016).

Sehan melanjutkan, adapun maksud dan tujuan pengusulan pemekaran untuk pembentukan Kecamatan Seruyan Hulu Utara tersebut, agar akses layanan publik bagi masyarakat dapat lebih mudah dijangkau.

'Kalau kecamatan itu dibentuk, paling tidak wilayah akan terbagi dengan adanya pimpinan kecamatan (camat) secara terpisah. Sehingga warga yang ingin memperoleh pelayanan ditingkat kecamatan dapat lebih mudah mengaksesnya. Karena selama ini ada sebagian warga desa di wilayah Kecamatan Seruyan Hulu, ada yang jauh lokasinya jauh dari ibukota Kecamatan Seruyan Hulu yang berada di Desa Tumbang Manjul,' ujar Sehan.

Di samping itu, dengan kembali dibentuknya kecamatan baru dinilai akan mempercepat tingkat kemajuan pembangunan pada wilayah kecamatan yang bersangkutan.

'Pemekaran ini juga sebagai upaya percepatan jalannya program pemerintah daerah dalam hal pengentasan desa-desa tertinggal dan terisolir, terutama yang berada di Kecamatan Seruyan Hulu khususnya. Soal usulan pemekaran ini sebelumnya sudah kami sampaikan kepihak anggota DPRD dapil III saat mereka melakukan kegiatan reses diwilayah Kecamatan Seruyan Hulu,' ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Seruyan, Sudarsono menanggapi soal usulan pemekaran untuk Kecamatan Seruyan Hulu Utara mengatakan, pemekaran kecamatan yang dimaksud bisa saja dilakukan bilamana telah memenuhi persyaratan dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Tetapi dari usulan yang disampaikan soal permintaan pemekaran kecamatan ini, semuanya akan sangat tergantung dari hasil kajian serta persetujuan bersama pihak DPRD Seruyan,' kata Sudarsono. (PARNEN/N).      

Berita Terbaru