Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Kartanegara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Selamat Datang Para Sultan

  • Oleh Yohanes S Widada
  • 10 Oktober 2016 - 15:01 WIB

KOTA Pangkalan Bun hari ini gemerlap oleh bintang para raja, para sultan.  Raja atau sultan beserta seluruh delegasi dari seluruh penjuru Nusantara. 

Mereka, hadir dalam sebuah hajatan nasional yang disebut Festival Keraton Nusantara ke-10.  Ratusan sultan/raja beserta seluruh kerabatnya  itu bertemu di kota manis.  Semanis aroma dan citarasa kota yang 8 kali berturut-turut meraih Piala Adipura  ini.

Mereka datang, berkumpul untuk bersilaturahmi di kota Pangkalan Bun, yang dahulu dikenal sebagai Sukabumi ini.  Kota Sukabumi, didirikan Sultan ke IX Kesultanan Kutaringin, yakni Sultan Imanudin.  Sultan Imanudin, sungguh berwawasan ke depan. 

Karena itu, hijrah dari ibukota  yang lama, yaitu Kutaringin (Lama) ke kota baru, yang  bernama Sukabumi.

Nubuat Sultan Imanudin yang sampai hari ini dikenang oleh seluruh keturunan dan anak-cucu (juriat) adalah:  'Kudirikan Negeri Sukabumi.. untuk anak-anakku, cucu-cucuku, keturunanku dan orang-orang  yang mau berdiam di negeriku dalam pangkuan Kesultanan Kutaringin''

Sukabumi yang kemudian dikenal sebagai Pangkalan Bu'un ini  akhirnya menjadi kota yang maju, terbuka, aman dan tenteram.  Semua orang, diizinkan bahkan diundang datang untuk berdiam dalam pangkuan Kesultanan Kutaringin.

Jujur harus dikatakan,  Pangkalan Bun mewarisi semangat  Sultan Imanudin.  Untuk  hidup bersama dalam kemakmuran, kedamaian dan ketenteraman.   Di Provinsi Kalimantan Tengah,  titah Sultan ini satu nafas dengan apa yang disebut Huma Betang.

Secara fisik, huma betang adalah sebuah bangunan rumah adat. Tetapi di dalamnya terkandung filosofi tentang kebersamaan, gotong-royong. Selain itu  juga terkandung adanya kejujuran,kesetaraan,  toleransi dan saling menghargai adanya perbedaan.

Kedatangan para sultan, raja dan para delegasi ke kota ini, tentu bertujuan merajut keanekaragaman, perbedaan, kejujuran, menjadi tali-temali anyaman  kedamaian, ketenteraman dan kebersamaan yang indah.

Para Sultan dan raja  dan seluruh punggawa, semoga di Pangkalan Bun ini menyatukan  semangat purba, untuk membangun kembali kejayaan Nusantara. Selamat datang, dan selamat berfestival!

Berita Terbaru