Aplikasi Pilkada Serentak

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kotawaringin Timur Minta Pembuatan e-KTP Lebih Banyak Jangkau Kecamatan

  • Oleh M. Rifqi
  • 11 Oktober 2016 - 15:13 WIB

BORNEONEWS, Kotim - Permintaan camat dan warga agar kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) bisa dicetak di setiap kecamatan, mendapat perhatian serius DPRD Kotawaringin Timur. Anggota Komisi III DPRD Kotim, Rudianur, meminta usulan tersebut bisa direalisasikan. Dia menilai cetak e-KTP maupun pembuatan kartu keluarga dan akte kelahiran di setiap kecamatan akan mempermudah masyarakat.

'Informasi yang kami dapatkan dari Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kotim, mulai 10 Oktober 2016 akan diaktifkan pelayanan pembuatan dokumen kependudkan seperti e-KTP, kartu keluarga, dan akte kelahiran di empat kecamatan luar kota,' kata Rudianur, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (10/10/2016).

Keempat kecamatan yang melayani pembuatan dokumen kependudukan itu di wilayah Selatan dua kecamatan yakni Mentaya Hilir Selatan dan Mentaya Hilir Utara. Sedangkan dua kecamatan untuk mengakomodasi warga di wilayah Utara, yakni Parenggean dan Cempaga.

Sebelumnya, untuk mengejar target perekaman KTP-el sebagaimana kebijakan Menteri Dalam Negeri RI dengan batas waktu 30 September, Disdukcapil Kotim juga telah mengaktifkan dua layanan pencetakan KTP-el di kantor kecamatan dalam kota, yakni Mentawa Baru Ketapang dan Baamang.

Menurut Rudi, dengan bertambahnya pelayanan kependudukan di kantor kecamatan, masyarakat tidak dipusingkan lagi dengan keluhan lambatnya pembuatan KTP-el, kartu keluarga, akte kelahiran, dan sebagainya. Dia berharap pelayanan kependudukan bisa dimaksimalkan di kecamatan. Sehingga bisa mengurangi antrean dan kepadatan pelayanan kependudukan di kantor disdukcapil.

'Setiap harinya tidak kurang dari 200-250 orang pemohon datang ke kantor disdkcapil untuk meminta pelayanan. Langkah membuka pelayanan di kecamatan kami nilai tepat, dan kami berharap kedepan bisa menjangkau seluruh kecamatan di Kotim,' pungkas dia. (M. RIFQI/N).

Berita Terbaru