Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tari Igal Kutaringin Pukau Para Raja di Pesta Pembukaan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 10 Oktober 2016 - 22:50 WIB

BORNOENEWS, Pangkalan Bun - Seakan tidak mempedulikan teriknya matahari siang, 200 orang penari beraksi di ditengah Stadion Sampuraga Pangkalan Bun, Senin (10/10/2016).  Gerak ritmik yang diperagakan mereka, membuat para raja dan sultan yang hadir dalam kegiatan pembukaan Festival Keraton Nusantara (FKN) X 2016 itu terpukau.

Usai kegiatan tarian, Kaspul Indah sebagai komposer  atau penata musik pengiring tarian massal menceritakan tentang tarian yang ditampilkan pada kegiatan tersebut. "Nama tarian ini adalah Igal Kutaringin. Tarian ini merupakan kombinasi dari dua jenis hadrah dan japin hadrah salatun. Semua itu diambil dari Kitab Barjanji yang dikarang oleh Syaikh Ja'far Al-Barzanji," ujar pengurus Ikatan Silaturrahmi Juriat Kesultanan Kutaringin, perwakilan Juriat Kiai Wira Seta Pahlawan.

Menurutnya, yang bertindak sebagai koreografer atau penata gerak tarian ini adalah Putri Nursari Kumala Binti Pangeran Muasjidinsjah. "Selama 20 hari jelang hari H, setiap sore kita melaksanakan latihan di Stadion Sampuraga ini. Total penari berjumlah 200 orang yang berasal dari lima SMA di Pangkalan Bun  dan penari dari Sanggar Sri Mahkota," paparnya.

Ia menjelaskan tarian yang menceritakan tentang terbentuknya kesultanan Kutaringin ini  juga pernah ditampilkan dalam pelaksanaan FKN sebelumnya.  "Tahun 2012 tarian ini pernah kita tampilkan pada pelaksanaan FKN VII di Buton Sulawesi Tenggara," pungkasnya. (Wahyu Krida/B-10)

Berita Terbaru