Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wakatobi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penilaian Adipura Tingkat Kalimantan Tengah, Katingan Urutan 6

  • Oleh Abdul Gofur
  • 11 Oktober 2016 - 16:25 WIB

BORFNEONEWS, Kasongan - Kota Kasongan, Kabupaten Katingan menempati urutan ke 6 kota terbersih untuk tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, pada penilaian Adipura periode tahun 2015/2016. Hal ini mengemuka pada ekspose hasil penilaian P1 Adipura Kota Kasongan periode 2015-2016 dan persiapan pemantauan P1 Adipura 2016-2017 di Aula Dispenda setempat, Selasa (11/10/2016).

"Adipura adalah sebuah penghargaan wilayah kota yang berhasil mengelola kebersihan. Dan pada penilaian Adipura periode 2015/2016. Penilaian tersebut adalah murni yang dilakukan pihak Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Katingan, Hap Baperdo, Selasa (11/10/2016). 

Kabupaten Katingan berada diurutan 6 dari 13 kabupaten yang ada di Kalteng, yaitu dalam kategori sedang," sebut Kepala BLH Katingan Hap Baperdo.

Katingan kalah dari Pangkalan Bun (Kobar) berada di urutan 1, kemudian urutan 2 Sampit (Kotim), urutan 3 Sukamara, urutan 4 Kapuas, urutan 5 Muara Teweh dan urutan ke 6 Kasongan Kabupaten Katingan.

"Kita punya nilai rata-rata 63,54, dan jika dibanding dengan Pangkalan Bun yang mendapatkan nilai 76,70 kita cukup jauh ketinggalan," sebut Hap Baperdo.

Menurut Hap Baperdo dari nilai rata-rata 63, 54 itu, nilai non fisiknya berada diangka 70,36, kemudian nilai tempat pembuangan akhir (TPA) hanya 48,39.

"Kenapa nilai TPA kita ini sangat jelek, karena waktu penilaian lalu lokasi TPA ini kebanjiran, dan juga belum ada tempat pengelolaan sampahnya, sehingga mendapat penilaian yang jelek," katanya.

Padahal, katanya untuk TPA ini kategori penilaiannya cukup tinggi dibanding obyek lainnya.

"Tapi saya yakin ke depan masalah TPA ini akan bisa kita atasi setelah lokasinya dipindah ke Jalan Soekarno-Hatta yang aman dari banjir," kata Hap Baperdo.

Selain TPA Pasar Kasongan juga mendapatkan nilai jelek. Menanggapi penilaian Adipura ini, Bupati Ahmad Yantenglie jika kedepan pihaknya akan terus memperbaiki kekurangan yang menjadi penyebab penilaian rendah.

"Apabila dilihat dari tolok ukur Kalteng, Katingan berhasil pada posisi 6 terbaik, dan dilihat dari usia itu wajar, tapi kalau kita lihat dari sisi moto Kota Kasongan Hijau itu sebenarnya kita harus diatas," ujarnya. (ABDUL GOFUR/N).

Berita Terbaru