Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sambas Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Barito Selatan Minta SKPD Punya Hubungan Baik dengan Pemerintah Pusat

  • Oleh H Laily Mansyur
  • 12 Oktober 2016 - 10:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Sekretaris Daerah Barito Selatan (Barsel) Edi Kristianto menyarankan kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungannya agar memiliki hubungan baik dengan pihak pemerintah pusat. Karena dengan demikian akan lebih  dapat mengetahui berbagai informasi terkait kegiatan pusat yang diperuntukan untuk biaya pembangunan di provinsi dan kabupaten.

"Kita jangan tinggal diam dan menunggu saja. Kita harus jembut bola. Untuk terus melakukan koordinasi dengan pihak pusat, agar jangan sampai kehilangan informasi  mengenai kegiatan yang akan di selenggarakan untuk kabupaten," ujar Edi kepada Borneonews, di ruang kerjanya, Selasa (11/10/2016).

Menurut mantan Plh Bupati Barsel itu, SKPD harus pandai melobi anggaran dari pusat, supaya anggaran kita di kabupaten bisa bertambah. Karena dipusat, masih banyak anggran yang nganggur, karena dianggap tidak ada yang memerlukannya.

"Setahu saya, pusat itu  memiliki dana stimulan. Maka dari itu, kita harus bisa merebut dana tersebut melalui akses khusus, sebelum di ambil daerah lain," terangnya.

Ia juga meminta, kepada SKPD untuk membuat time schedule kegiatan tahun anggaran 2016 dengan baik. Karena setiap kegiatan maupun perencanaan itu, harus memiliki time schedule, guna mengejar progres kegiatan.

Sebab jika tidak, besar kemungkinan akan mungundang  masalah baru, seperti harus kembali untuk  mempertanggungjawabkannya jika diperiksa oleh inspektorat, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Kejaksaan, kepolisian atau aparat penegak hukum lainnya.

Edi mengingatkan, untuk setiap laporan SKPD yang disampaikan kepada pihak Badan Perencanaan Daerah (Bapeda), harus sinkron dengan semua pelaksanaan proyek pembangunan yang sedang berlangsung.

"Karena jika laporan itu tidak sesuai  hasil kerja kita, tentu akan menjadi polemik besar baik di kalangan legislatif maupun masyarakat yang turut melakukan pemantauan," tandasnya. (LAILY MANSYUR/m)


TAGS:

Berita Terbaru