Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangkajene Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dalam Waktu Dekat Polres Gunung Mas Bisa Membuat SIM Sistem Online

  • 12 Oktober 2016 - 11:01 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun -- DALAM waktu dekat pembuatan surat izin mengemudi (SIM) akan menggunakan sistem online. Sehingga lebih memudahkan masyarakat dalam membuat SIM. Hal tersebut disampaikan Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Gunung Mas (Gumas) Iptu Hermanto mewakili Kapolres Gumas AKBP Ardiansyah Daulay kepada wartawan di ruang kerjannya, Salasa (11/10/2016).

"Dari sekarang kita menyampaikan bahwa pelayanan pengurusan SIM sekarang sistem online," kata Hermanto.

Terkait dengan pengurusan SIM dengan sistem online, kata Hermanto, Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia menyediakan website untuk pendaftaran SIM. Dengan demikian, masyarakat yang hendak membuat SIM bisa langsung membuka website yang telah ditetapkan dan mendaftar dan menjawab soal tes.

"Hanya ujian praktek SIM dan foto yang dilakukan di tempat pembuatan SIM. Saat ini di Satuan Lalu Lintas Polres Gunung Mas, telah dilakukan pergantian perangkat untuk menghubungkan dengan server yang ada di Jakarta," terang dia.

Menurut Hermanto, untuk saat ini di Polres Gumas memang masih belum melakukan pelayanan pembuatan SIM online. Mengingat pekan ini pihaknya melakukan pertemuan di Polda Kalteng, untuk membahas pembuatan SIM secara online.

"Setelah fikom di Polda Kalteng dan alat sudah siap, baru bisa pelayanan secara online. Untuk waktunya belum bisa dipastikan, mudah-mudahan tidak terlalu lama," kata Kasat Lantas.

Menurut dia, bila pembuatan SIM online di Gumas sudah bisa dilaksanakan. Akan memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat. Misalnya, pembuatan SIM bisa dilakukan di mana sana di wilayah Indonesia, asalkan memiliki kartu tanda penduduk (KTP) elektronik.

"Bila sistem online berjalan membuat SIM bisa dilakulan di rumah. Hanya bukti pembayaran di bank dan bukti pendaftaran online yang dibawa saat foto dan ujian praktek. Bila sistem pembuatan SIM online berjalan, akan memberikan kemudahan untuk masyarakat yang membuat SIM," tukasnya. (EP/*)

Berita Terbaru