Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pulau Mintin Cocok Untuk Aktivitas Ekowisata

  • Oleh James Donny
  • 13 Oktober 2016 - 11:59 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Potensi wisata di Desa Mintin cocok untuk aktivitas ekowisata. Potensi 3 Pulau Mintin di Desa Mintin, Kecamatan Kahayan Hilir, Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, sangat cocok untuk Eko wisata Lingkungan. Atas potensi tersebut, pemerintah daerah sangat membuka diri bagi pihak-pihak yang berniat mengelola pPulau itu sebagai objek wisata.

"Kalau pernah mengujungi Pulau Mintin kita tentu akan berdecak kagum. Begitu banyak keanekaragaman tumbuhan dan hewan di dalamnya. Jaraknya yang dekat dengan kota serta kuatnya kebudayaan dan keramahan masyarakat di sana menjadi menjadi faktor pendukung digarapnya sektor wisata," kata Kepala Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Pulang Pisau, Usis I Sangkai, kemarin.

Dalam rangka mendorong terwujudnya kawasan wisata Pulau mintin tersebut, kata Usis harus dilakukan secara bersama. Mulai dari masyarakat, pihak desa, kecamatan, pemerintah daerah serta pihak-pihak yang berkaitan dengan Pulau Mintin harus duduk bersama memberikan ide dan gagasan yang membangun.

Menurutnya sebelum masuknya investor ke wilayah tersebut, langkah sederhana dapat dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat untuk Pulau mintin ini. 'Masyarakat sekitar dapat juga membuat kelompok pengelola, selain itu kita lakukan kajian kelayakan Pulau mintin untuk lokasi wisata. Itu masuk Jasa lingkungan dan berada di Dinas Pariwisata dan kebudayaan,' terangnya.

Kekayaan hayati pulau mintin yang cukup banyak menjadikan wilayah tersebut cocok untuk kawasan penelitian, karena menjadi ekositem berbagai jenis tumbuhan dan hewan, dan itu menjadi juga daya tarik tersendiri dari pulau tersebut sebagai daerah eko wisata. "Ada bermacam-macam tumbuhan dan hewan di dalam pulau ini, seperti pohon rijei, kananga tanjung, madang, kapur naga, dan banyak lagi," kata Wawan warga Desa Mintin.

Pulau tersebut kata dia menjadi juga tempat yang didiami sejumlah hewan liar seperti buaya, biawak, piton, kera, berbagai jenis burung, tupai, lebah madu dan banyak lagi yang ada di Pulau itu. (JAMES DONNY/N).

Berita Terbaru