Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Malinau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara Akan Geser Anggaran DPRD

  • Oleh Ramadani
  • 13 Oktober 2016 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Dengan anggaran SKPD yang sudah sangat kecil, Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Utara akan melakukan penggeseran anggaran DPRD pada APBD Perubahan 2016 sebanyak Rp200.000.000 dengan aturan dan ketentuan yang berlaku untuk kepentingan rehabilitasi tempat keagamaan  umat Hindu Kaharingan.

Bupati Barito Utara Nadalsyah menerangkan, rehab Balai Basarah yakni tempat beragama Hindu Kaharingan ini merupakan pembangunan jangka pendek.

'Saya sudah berdiskusi dengan ketua DPRD Barito Utara untuk anggaran keagamaan ini. Kita juga sangat memperhatikan agama apapun yang ada di Barito Utara' jelas Bupati Nadalsyah pada saat kegiatan pembukaan Festival Tandak Intan Kaharingan tingkat kabupaten, Kamis (13/10/2016).

Ia mengatakan,  ada sejumlah usulan yang sudah diterima oleh pemerintah daerah dari umat Hindu Kaharingan untuk perbaikan infrastruktur keagamaan dan jalan. Rencana sudah dimasukkan ke APBD Perubahan yang telah diusulkan pada awal 2016. Namun terjadi pemotongan anggaran dari pemerintah pusat  untuk Kabupaten Barito Utara.

Usulan jalan dan pembangunan lainnya yang rencananya dianggarkan pada APBD Perubahan 2016 akan digeser pada APBD 2017. Ia berharap pada 2017 jalan di lokasi Balai Basarah tempat keagamaan Hindu Kaharingan Barito Utara dapat terealisasi.

Sementara itu Ketua DPRD Barito Utara, Set Enus Y Mebas membenarkan mengenai pergeseran anggaran DPRD pada APBD Perubahan yang dilakukan oleh pemerintah daerah.

'DPRD juga ikut meminimalkan anggaran, karena anggaran di SKPD sudah tidak bisa di pangkas lagi, sehingga pemerintah daerah meminta kepada DPRD untuk memadatkan anggaran,' jelas Enus usai acara.

Menurutnya, kegiatan keagamaan Hindu Kaharingan ini sangat memerlukan anggaran, sekaligus dana untuk kegiatan di Palangka Raya pada November 2016. (RAMADANI/m)

Berita Terbaru