Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Cirebon Siap Gelar FKN Ke-XI dengan Pecahkan Rekor MURI Topeng Klana Terbanyak

  • 14 Oktober 2016 - 07:55 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat (Jabar) sudah melakukan berbagai persiapan sebagai tuan rumah Festival Keraton Nusantara (FKN) ke XI pada Tahun 2017 mendatang

Sultan Kasepuhan Kacirebonan, Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat mengaku sudah mempersiapkan sejumlah pusat kegiatan. Di antaranya, Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan, Taman Sari Gua Sunyaragi serta lokasi pendukung diantaranya Stadion Bima dan Alun-alun kejaksaan.

Sebagai pembuka acara, pihaknya akan menyurati Presiden RI Joko Widodo. Bahkan dalam acara tersebut dia meminta presiden, gubernur, walikota/bupati ikut serta dalam acara Kirab Prajurit Keraton.

"Jika selama ini hanya menonton, nantinya akan kami ajak ikut serta dalam acara Kirab," sebutnya.

Tidak hanya itu, pria yang akrab disapa Elang Raja Arief itu mengaku akan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) Tari Topeng Klana dengan jumlah peserta terbanyak.

Penunjukan tuan rumah tersebut diputuskan berdasarkan hasil kesepakatan suara terbanyak dalam musyawarah raja dan sultan yang digelar di Ballroom Swiss-Belinn Hotel Pangkalan Bun.

Senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jabar Wahyu Iskandar. Ia mengatakan, bahwa penunjukkan pihaknya sebagai tuan rumah FKN XI tersebut mendapat dukungan dari Gubernur Jabar. 

Karena itu, menurut dia, pihaknya akan segera mempersiapkan barbagai kebutuhan, seperti dana dan juga fasilitas penunjang bagi suksesnya pelaksanaan kegiatan tersebut. 

Dengan gelaran acara FKN ini, harap Wahyu Iskandar, ke depan bisa mempertahankan budaya yang diwariskan sesepuh terdahulu dan bukan hanya bernostalgia dengan kejayaan masa lalu. (FAHRUDDIN FITRIYA/m)

Berita Terbaru