Aplikasi Kawal Pilkada dan Manajemen Relawan

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lokalisasi Sungai Pakit Target Kedua Penertiban

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 13 Oktober 2016 - 18:05 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Lokasi prostitusi Sungai Pakit, Desa Aminjaya, Kecamatan Pangkalan Banteng, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menjadi target kedua pemerintah daerah dalam melakukan operasi penertiban menuju Kobar Bebas Prostitusi 2019.

Untuk merealisasikan operasi tersebut, pemerintah sudah melakukan sejumlah tahapan sosialisasi sejak lama kepada penghuni lokasi prostitusi Aminjaya yang berpenghuni sekitar 30-an pekerja seks komersial (PSK) itu.

Menurut Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Bambang Purwanto, untuk menuju Kobar bebas prostitusi pada 2019, pemerintah daerah sudah mulai melakukan langkah tegas dengan membongkar puluhan bangunan di kawasan Simpang Kodok dan sejumlah warung remang di beberapa titik jalan A.Yani, Kelurahan Baru.

"Pembongkaran lokasi prostitusi Simpang Kodok merupakan tahap awal, untuk selanjutnya Pangkalan Banteng yang akan menjadi prioritas," kata Bambang Purwanto saat meninjau pembangunan Pasar Indra Sari, Pangkalan Bun, baru-baru ini.

Selain lokasi prostitusi Aminjaya Bupati juga menyinggung kawasan Dukuh Mola, ia menegaskan bahwa Dukuh Mola dipastikan akan ditertibkan namun pelaksanaannya masih menunggu lokasi-lokasi prostitusi lain di Kabupaten Kotawaringin Barat.

Ia juga menegaskan bahwa Dukuh Mola nantinya akan diproyeksikan menjadi kawasan pemukiman. Hal ini karena para pemilik (mucikari) sudah mengantongi dokumen otentik berupa SKT dan sertifikat. 

"Kawasan itu akan menjadi perkampungan nantinya," ujar dia.

Saat ini Kabupaten Kotawaringin Barat menempati urutan pertama dengan jumlah lokasi prostitusi terbanyak di Kalimantan Tengah. Data dari Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah bahwa di Kalimantan Tengah saat ini terdapat 12 lokasi prostitusi yang tersebar di 14 kabupaten dan kota dan tujuh di antaranya berada di Kotawaringin Barat sehingga Kotawaringin  Barat menempati urutan pertama jumlah lokasi prostitusi terbanyak di Kalteng. (KOKO SULISTYO/m)


TAGS:

Berita Terbaru