Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Selayar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Lamandau Tuntut Perbaikan Prestasi Kafilah MTQ Korpri Kalteng

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 14 Oktober 2016 - 18:25 WIB

BORNEONEWS, Lamandau - Pemerintah Kabupaten Lamandau meminta para kafilah baik yang akan berlomba pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Korpri, maupun Festival Seni Qasidah Kalimantan Tengah utusan dari Lamandau, agar terus memperbaiki prestasinya. Para kafilah juga dituntut dapat meraih target minimal yakni mampu mempertahankan raihan prestasi sebelumnya.

"Pada ajang yang sama tahun 2014, kita juga turut serta dalam MTQ Korpri Tingkat Kalteng, dan berhasil masuk peringkat 5 besar, sehingga tentu targetnya sekarang minimal harus peringkat 5," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Lamandau, Arifin LP. Umbing, di Nanga Bulik, Jumat (14/10/2016), saat dikonfirmasi usai melepas keberangkatan para kafilah MTQ Korpri dan Kafilah Lasqi perwakilan Lamandau, di Aula Setda setempat. 

Sekda Lamandau, Arifin LP. Umbing, mengatakan, dari tiga kali gelaran MTQ Korpri Kalteng, tahun 2016 ini merupakan tahun kedua Lamandau mengikuti MTQ Korpri tingkat Provinsi. Namun demikian, pihaknya tetap berharap agar para kafilah dapat berkompetisi maksimal dan meraih prestasi yang mampu mengharumkan nama daerah. 

Bahkan, kata dia, atas raihan prestasi pada MTQ sebelumnya, satu di antara ASN perwakilan kafilah Korpri dari Lamandau kala itu berhasil masuk ke MTQ Korpri tingkat nasional. Mudah-mudahan pada event tahun ini, prestasi kita bisa lebih baik lagi.

Selain kepada kafilah MTQ Korpri yang akan berlomba di Kota Palangka Raya, hal yang sama juga dipesankan Sekda Arifin kepada kafilah Lasqi yang akan berlomba di Kuala Kapuas, kabupaten Kapuas. Terlebih, diajang yang sama, kafilah Lasqi Lamandau baru mampu bertengker di urutan Ke-5 terbaik Kalteng. 

"Namun demikian, terlepas dari harapan dan target yang harus diupayakan, kita juga jangan melupakan tujuan dari salahsatu kegiatan keagamaan ini,  dimana dari pada hakekatnya kegiatan ini ditujukan guna meningkatkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan Alquran dalam aktifitas keseharian yang positif," jelasnya.

Sementara, dalam laporannya, ketua kafilah MTQ Korpri Lamandau, H. Sunarto, mengatakan bahwa pihaknya tentu akan berjuang untuk menampilkan yang terbaik, meskipun kafilah MTQ Korpri Lamandau mengalami keterbatasan persiapan yang hanya memiliki waktu persiapan selama dua pekan terakhir. 

Di tempat yang sama, H. Tommy Hermal Ibrahim, ketua DPD Lasqi Lamandau,  menuturkan bahwa sejak selesainya Festival Seni Qasidah tingkat kabupaten Lamandau Agustus lalu, pihaknya langsung melakukan pembinaan kepada para pemenang yang akan mewakili kabupaten Lamandau di tingkat Provinsi kalteng.

"Sehingga pembinaan kami cukup efektif dan bisa dikatakan persiapannya sudah 100 persen. Alhamdulillah kafikah Lasqi Lamandau tidak mendapatkan kendala persiapan. soga saja kita dapat meningkatkan prestasi yang berhasil dicapai pada kegiatan yang sama tahun sebelumnya," harap Tommy yang juga merupakan ketua DPRD Lamandau itu. 

Diketahui, pada MTQ Korpri tingkat Provinsi kalteng tahun ini, Lamandau mengirimkan 32 kafilah yang akan berlomba di 6 cabang, yakni cabang Tilawatil Quran, Tartil Quran, Tahfidzul Qurqan, Da'i dan Da'iah, Dekorasi dan juga cabang Kaligrafi.

Sedangkan dalam Festival Seni Qasidah, Lamandau mengirimkan 98 orang kafilah yang akan mengikuti cabang lomba Hadrah, Festival Klasik dan juga Bintang Vokalis.

Rencananya, para kafilah MTQ Korpri akan berangkat pada Minggu (16/10) mendatang, mengingat MTQ Korpri akan dilaksanakan mulai 17-19 Oktober di Palangka Raya. Sedangkan para kafilah Lasqi akan berangkat pada tanggal 19 Oktober untuk menuju kota Kuala Kapuas, kabupaten Kapuas, karena pelaksanaan lomba akan dilaksanakan pada 22-28 Oktober 2016. (HENDI NURFALAH/N).

 

Berita Terbaru