Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bunda PAUD Kapuas Minta Budayakan Hidup Bersih Sejak Usia Dini

  • 14 Oktober 2016 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Kapuas - Budaya hidup bersih harus ditanamkan kepada anak-anak usia dini, dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan dan menjaga lingkungan rumah agar tetapi bersih serta tidak membuang sampah sembarangan.

"Kita harus mengajarkan anak-anak sejak usia dini untuk menjaga kebersihan dengan cara mencuci tangan sebelum dan diasah melakukan aktifitas baik itu makan dan bermain,"kata Bunda PAUD Kapuas, Ary Egahani Ben Bahat, Jumat (14/10/2016), dalam acara "Mari kita biasakan cuci tangan pakai sabun sejak dini" dalam rangka memperingati hari cuci tangan menggunakan sabun sedunia, di PAUD Hakayat Ceria.

Kegiatan ini sengaja melibatkan sekolah taman kanak-kanak di Kota Kuala Kapuas, agar anak-anak usia dini diajarkan pola hidup bersih dan sehat.

Di tempat yang sama Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat, menyampaikan, sangat penting agar anak-anak diajarkan bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar menggunakan sabun. Harus di tanamkan pola hidup bersih kepada mereka. Sebab mereka inilah generasi penerus bangsa ke depan.

"Jangan melihat jajan langsung makan tanpa mencuci tangan atau saat makan di rumah, sebagai orang tua harus mengajarkan anak-anak sebelum dan sesudah makan harus cuci tangan," kata Ben Brahim

Ia mengatakan Berdasarkan survei di Kabupaten Kapuas masih minim kesadaran masyarakat terhadap pola hidup bersih dan sehat. Hasil survei konsumsi air bersih tanpa masak mencapai 28,4 persen, sedangkan pola Buang Air Besar (BAB) masih tinggi sekitar 67,8 persen karena masih menggunakan jamban komunial. Untuk lingkungan kumuh 28,4 persen di tambah pemahaman membuang sampah dengan sembarangan 16,4 persen merokok di sembarangan tempat 20,7 persen. Cuci tangan sebelum makan baru sekitar 59.7 persen masih ada sisa 40,3 persen saat makan tidak cuci tangan menggunakan sabun.

"Pola-pola seprti ini harus ada penurunan terhadap perilaku hidup masyarakat kita, maka dengan itu perlu ada kerja sama dan kemauan kita bersma untuk hidup sehat.Jangan membuang sampah sembarangan,merokok di sembarang tempat,air harus di mask dulu sebelum di minum,pola mengunakan jamban di sungai harus ditinggalkan," ungkapnya. (DJEMMY NAPOLEON/N).

Berita Terbaru