Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sibolga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tembaga Indah Akan Difungsikan untuk Fasilitas Umum

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 15 Oktober 2016 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pasar Sementara Tembaga Indah, di Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan (Arsel), Kabupaten Kotawaringin Barat akan dikembalikan fungsinya menjadi fasilitas umum. Hal ini menyusul sudah dimulainya pembangunan Pasar Indra Sari yang terbakar beberapa waktu lalu.

Menurut Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Bambang Purwanto, Pasar Tembaga Indah merupakan pasar relokasi yang sifatnya hanya sementara. Saat pembangunan Pasar Indra Sari yang terdiri dari tiga blok tersebut sudah rampung maka dipastikan seluruh pedagang di pasar sementara akan kembali menempati lapaknya di Pasar Indra Sari.

Ia menegaskan, terkait lokasi  Pasar Tembaga Indah merupakan aset milik Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, maka fungsinya akan dikembalikan sebagai fasilitas umum.

"Kalau sudah selesai karena merupakan aset pemerintah daerah maka akan kita kembalikan fungsinya untuk fasilitas umum," kata Bambang Purwanto.

Ia juga menjelaskan, pembangunan Pasar Indra Sari akan meliputi tiga blok dengan dua tahapan pembangunan. Selain blok pasar, juga ada blok untuk pelabuhan. Ia berharap walaupun nantinya ada pergantian kepemimpinan di Kotawaringin Barat, pembangunan pasar ini tetap berlanjut. 

Sementara Wawan, seorang warga sekitar Pasar Tembaga Indah mengatakan, keberadaan Pasar Tembaga Indah secara tidak langsung menghidupkan roda perekonomian masyarakat. Hal itu bisa dilihat sejak ada pasar tersebut pertumbuhan jumlah bangunan ruko semakin bertambah banyak. Selain itu masyarakat sekitar banyak yang berjualan di sekitar pasar untuk menunjang ekonomi keluarga.

"Kita bisa lihat pertumbuhan bisnis di kawasan pasar, pertumbuhan jumlah ruko yang diperuntukkan bagi pedagang juga semakin banyak. Ini menandakan bahwa keberadaan pasar itu memicu pertumbuhan ekonomi," kata Wawan. 

Sebelumnya pihak pengelola sempat meminta kepada Pemerintah Daerah Kotawaringin Barat agar Pasar Tembaga Indah tetap beroperasi. Bahkan dalam kunjungan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah belum lama ini mereka meminta agar pasar yang menampung ratusan pedagang dan menghidupi puluhan warga sekitar  itu agar dikembangkan menjadi pasar tradisional. (KOKO SULISTYO/m)


TAGS:

Berita Terbaru