Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Belu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

MTQ III KORPRI Tingkat Provinsi Minus Kapuas dan Gunung Mas

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 15 Oktober 2016 - 10:18 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) KORPRI Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) bakal digelar Senin (17/10/2016) pagi, minus dua kabupaten, Kapuas dan Gunung Mas. Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran direncanakan membuka resmi perhelatan yang ditempatkan di halaman Masjid Raya Darussalam, Jalan G. obos, Palangka Raya tersebut.

'Karena event ini adalah kegiatan Korpri, maka semua aparatur sipil negara (ASN) muslim diwajibkan hadir dalam kegiatan tersebut sekitar pukul 08.00 WIB,' jelas Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Kalteng, Marianitha dalam rilis yang diterima Borneonews, Jumat (14/10/2016) petang.

MTQ tersebut akan diikuti 136 peserta. Sayangnya, dua kabupaten yaitu Kapuas dan Gunung Mas absen, sehingga kontingen yang berlomba hanya dari 12 kabupaten/kota di Kalteng.

Tahun ini, MTQ mengambil mengambil tema 'Melalui MTQ Kita Wujudkan Peran KORPRI Menuju Birokrasi yang Bersih, Berwibawa dan Bermartabat sesuai tuntutan Al-Qur'an dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara' ini.

Digelarnya kegiatan MTQ KORPRI ini antara lain bertujuan menanamkan dan membina kecintaan anggota KORPRI terhadap Al-Qur'an sebagai Kitab Suci umat Islam, dan membina dan meningkatkan ikatan tali persaudaraan dan silaturahim antar anggota KORPRI.

Lalu meningkatkan dan mengembangkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Al-Qur'an yang berdasarkan pada kaidah ke-Islaman yang berwawasan global dan multi kultural, menanamkan nilai dan sikap jujur, toleransi, amanah dan tanggungjawab dalam diri anggota/pengurus KORPRI, serta menyediakan wahana kompetisi bagi insan terbaik KORPRI dalam mengembangkan bakat dan minat di bidang Tilawatil Quran dan nilai budaya lainnya.

Sementara itu, sebanyak lima cabang yang akan dilombakan dalam MTQ kali ini. Yaitu Musabaqah Tilawah Alquran (Putra dan Putri), Musabaqah Tartil Alquran (Putra dan Putri), Musabaqah Hifdz Alquran (golongan 3 juz, 5 juz, dan 10 juz), Musabaqah Dakwah Alquran (Putra dan Putri), dan Musabaqah Khat Alquran.

'Musabaqah Khat Alquran ini ada dua golongan yang dilombakan, yaitu Golongan Khat Alquran Dekorasi (Putra dan Putri), dan Golongan Khat Alquran Kontemporer (Putra dan Putri),' jelasnya. (M. MUCHLAS ROZIKIN/N).

Berita Terbaru