Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asmat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dua Puskesmas Di Kobar Raih Status Akreditasi Utama

  • Oleh Cecep Herdi
  • 17 Oktober 2016 - 01:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dua puskesmas di Kabupaten Kotawaringin Barat yakni Puskesmas Arut Selatan (Arsel) dan Puskesmas Madurejo meraih status Akreditasi Utama dari Kementerian Kesehatan RI.

Dua puskesmas ini merupakan puskesmas yang berhasil menyabet status akreditasi puskesmas satu-satunya di wilayah Kalimantan Tengah, Kaimantan Barat, dan Kalimantan Selatan.

"Status Akreditasi Utama ini ditetapkan oleh Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP)," ujar Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinkes Kobar, Jamin Ginting melalui Kabid Penanggulangan Kesehatan Masyarakat Dinkes Kobar, Arif Susanto, Minggu (16/10/2016).

Arif menjelaskan, status akreditasi ini sama halnya dengan ISO untuk perusahaan. Namun dalam hal ini khusus untuk bidang kesehatan, yakni puskesmas.

"Dengan penetapan status akreditasi puskesmas itu, akan diberikan sertifikat akreditasi puskemas," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, sebelumnya tim bentukan Dinas Kesehatan mengusulkan puskesmas kepada Komisi Akreditasi FKTP dari Kementerian Kesehatan. Hasilnya dua puskesmas tersebut lolos dan satu-satunya di tiga provinsi yang meraih sertifikat tersebut.

"Jika sudah mendapatkan akreditasi itu, artinya puskesmas sudah teruji baik dari sisi pelayanan, SDM, dan lainnya," kata dia. (CECEP HERDI/m)

Berita Terbaru