Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Morowali Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kasat Lantas Sukamara Himbau Pengendara Berhati- Hati

  • Oleh Norhasanah
  • 17 Oktober 2016 - 13:57 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Banyaknya pohon tumbang akibat cuaca ekstrim yang melanda Kabupaten Sukamara, Sat Lantas Polres Sukamara menghimbau pengendara lebih berhati-hati dalam berkendara. Cuaca ekstrim dalam beberapa hari ini membuat pengendara rawan tertimpa pohon tumbang. Karena itu, pengendara khususnya roda dua untuk lebih waspada.

'Kami ingatkan warga Sukamara untuk lebih berhati-hati apalagi saat ini cuaca sedang tidak bersahabat,' ujar Kasat Lantas Polres Sukamara, Iptu Beno Hartanto, Senin (17/10/2016).

Dalam kesempatan itu, saat terjadi hujan yang disertai angin kencang potensi pohon tumbang lebih besar, sehingga rawan akan kecelakaan. 'Kami sarankan saat hujan lebih baik warga dirumah saja, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan,' ujar Beno.

Sebelumnya Ana, salah seorang warga Mendawai menuturkan, sejak tiga hari ini hujan deras melanda Sukamara, bahkan hujan selalu disertai petir dan angin kencang  mengakibatkan sejumlah pohon tumbang. 'Kemarin saat pulang kerja juga hujan deras turun sehingga jarak pandang hanya beberapa meter, bahkan ada pohon yang tumbang melintang di tengah jalan membuat pengendara harus memutar ke arah jalan lain.'

Ana menjelaskan, di sepanjang Jalan Cilik Riwut memang banyak pohon pelindung yang sudah besar sehingga saat terjadi angin kencang rawan tumbang, seperti saat terjadi hujan deras dan angin kencang salah satu pohon di depan dealer motor tumbang dan melintang di tengah jalan sehingga pengendara harus memilih jalan lain. 

Menurut Ana rebahnya pohon tersebut selain disebabkan terpaan angin kencang juga akibat dari genangan air yang membuat tanah disekitar pohon menjadi lemah sehingga tidak dapat menahan pohon tersebut.

'Meskipun sudah banyak pohon  yang tumbang akibat cuaca ekstrim ini namun sepengatahun saya belum ada memakan korban, semoga dari kejadian ini tidak ada orang yang harus kerumah sakit akibat tertimpa pohon' harapnya. (MG-13/N).

Berita Terbaru