Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapolres Perintahkan Propam Awasi Pungli Pelayanan Polres Barito Selatan

  • Oleh Uriutu
  • 18 Oktober 2016 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Barito Selatan - Kapolres Barito Selatan, AKBP Yussak Angga memerintahkan Propam Polres Barsel melakukan pengawasan di setiap pelayanan publik. Pengawasan ini berdasarkan intruksi Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk membersihkan internal Polri dari praktik pung;i dan percaloan di setiap pelayanan publik.

'Hal ini dilakukan untuk memberantas pungutan liar di seluruh tempat pelayanan publik seperti di pelayanan SKCK, SIM, di Polres dan penerbitan STNK dan BPKB di Kantor Samsat,' kata Kapolres Barsel, AKBP Yussak Angga kepada Borneonews, Selasa (18/10/2016).

Ia mengatakan, pengawasan ini berdasarkan intruksi dari Kapolri untuk membersihkan internal Polri dari praktek pung;i dan percaloan disetiap pelayanan publik di Polres. Dengan adanya pengawasan ini diharapakan tidak ada lagi parktik pungli maupun percaloan baik dari anggota sendiri maupun masyarakat. 

 'Saya perintahkan kepada Propam setiap hari untuk mengawasi di setiap sentra pelayanan publik,' tandas dia.

Menurutnya, selain melakukan pengawasan mereka juga siap menerima laporan masyarakat, apabila dalam pelayanan yang diberikan dari pihak kepolisian terdapat kekeliruan atau kejaggalan yang dilakukan oleh oknum tertentu.

Kepada masyarakat agar tidak takut dan ragu melaporkan segala bentuk pencaloan ataupun pungli yang dilakukan oknum polisi yang tidak bertanggung jawab.

'Apabila ada laporan, Kita akan segera menindaklanjuti laporan tersebut dan bila terbukti akan dilakukan proses hukum yang berlaku dilingkungan kepolisian,' tegas dia. 

Ia menambahkan, untuk meminimalisir praktik pungli pihaknya selalu melakukan pengawasan internal dengan menempatkan propam ditempat pelayanan publik jauh hari dari sebelum adanya intruksi dari Kapolri.

'Bahkan ditempat pelayanan pembuatan SIM, SKCK dan STNK selain menempatkan propam juga menempatkan polwan cantik untuk membantu mengurus pelayanan,' ucap dia. (Uriutu Djaper/N).

Berita Terbaru