Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

100 ASN Pemkab Barito Utara Ikuti Uji Kompetensi

  • Oleh Agus Sidik
  • 19 Oktober 2016 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Barito Utara - Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Barut) melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menyelenggarakan uji kompetensi bagi 100 Aparat Sipil Negara (ASN). Uji kompetensi pejabat struktural eselon III di lingkup Pemkab Barut tersebut, berlangsung selama satu hari, di Aula SMAN 1 Muara Teweh, Selasa (18/10/2016).

Kepala BKD Barito Utara, H Masdulhaq mengatakan kegiatan uji kompetensi ini diikuti hanya sekitar 100 orang ASN lingkup Pemkab Barito Utara. Kemudian adanya MoU kerja sama antara Pemkab Barito Utara dengan Dinas Psikologi Angkatan Darat Bandung yang diketuai Mayor Inf Suratno, dibantu Mayor Cko Bambang Barahman, Kapten Inf Sujani dan Agus Susanto.

Kata Masdulhaq, dalam uji kompetensi ini kelulusan peserta ditentukan oleh peserta itu sendiri. Kriteria kelulusan ada tiga yaitu memenuhi syarat, masih memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat.

'Hasil dari uji kompetensi akan disampaikan dalam waktu dekat ini kepada pejabat pembina kepegawaian (PPK) yaitu Bupati Barito Utara, H Nadalsyah dan nantinya akan dibahas oleh tim Baperjakat dalam rangka pengisian jabatan yang kosong,' kata H Masdulhaq di sela sela kegiatan uji kompetensi tersebut.

Kepala BKD mengharapkan semua peserta yang mengikuti kegiatan ini memperoleh nilai terbaik dan nantinya akan dilakukan perengkingan kepada semua peserta. 'Gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya. Kelulusan peserta ditentukan oleh jawaban peserta sendiri. Dan kunci kesuksesan tergantung dengan jawaban para peserta.'

Tahun mendatang Pemkab Barito Utara tidak melaksanakan kegiatan uji kompetensi ini lagi. Mengingat jumlah yang ada sudah cukup banyak mencapai 100 orang. Dari 100 orang peserta ini nantinya akan dipilih 15 atau 20 peserta yang terbaik yang akan menduduki jabatan eselon III.

Masdulhaq mengatakan, tujuan dari uji kompetensi ini yaitu untuk mengetahui sejauhmana kemampuan SDM ASN yang mengikuti kegiatan ini, mempermudah tim Baperzakat untuk menentukan siapa-siapa yang akan menduduki jabatan eselon III. Kemudian menjaring pejabat dalam hal penempatan. 'Dimana nantinya akan dilihat dari nilai yang terbaik yang diutamakan,' katanya.

Menurut Masdulhaq untuk mengetahui bakat minat seseorang, melatih kecakapan ASN, mengasah otak dalam memberikan jawaban yang diberikan oleh tim, melatih konsentrasi dan menjauhkan diri sifat ceroboh asal menjawab yang berarti nilainya akan rendah, penuh ketelitian, penuh kesabaran, penuh konstrasi, melatih kejujuran, membangun kepercayaan diri, sehingga jawaban yang diberikan bisa memperoleh nilai yang tinggi.

Ketua tim Psikologi Angkatan Darat Bandung yang diketuai oleh Mayor Inf Suratno menjelaskan bahwa pihaknya diminta dari Pemkab Barito Utara untuk bekerjasama melaksanakan uji kompetensi ASN dilingkup Pemkab setempat. (AGUS SIDIK/N).

Berita Terbaru