Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seluma Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Hadiri Pembukaan PPBI dan Nusantara Forum Expo 2016

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 20 Oktober 2016 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran menghadiri pembukaan Pekan Produk Budaya Indonesia (PPBI) dan Nusantara Forum & Expo 2016, di pelataran parkir Tugu Api Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, 19-23 Oktober 2016. Acara tahunan itu dibuka Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, Rabu (19/10/2016) sore sekitar pukul 16.00 WIB.

Dalam rilis yang Biro Humas Pemprov Kalteng, Kamis (20/10/2016), disebutkan, selain Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo serta Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, pembukaan acara bertema 'Menuju Kemandirian dan Kepribadian Bangsa yang Berbudaya, Revolusi Mental Mengembangkan Budaya Kreatif untuk Ketahanan Ekonomi dan Daya Saing' ini juga dihadiri sejumlah pejabat Eselon I kementerian terkait, para Duta Besar, Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati/Wali Kota se-Indonesia.

Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran turut hadir dalam acara pembukaan PPBI dan Nusantara Expo & Forum 2016 bersama Gubernur Kalimantan Utara dan Bupati/Wali Kota dari Pulau Kalimantan lainnya. Bersama para Menteri dan tamu undangan yang hadir, Gubernur Kalteng juga ikut dalam sesi minum jamu bersama yang diadakan di sela acara pembukaan.

Dalam sambutannya, Menteri Puan Maharani berpesan kepada kementerian-kementerian terkait bidang perindustrian dan koperasi, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk meningkatkan promosi produk-produk unggulan daerah.

Sebagaimana diketahui, PPBI  2016 salah satu program kegiatan tahunan yang dicanangkan Kemenko PMK untuk melestarikan kebudayaan Indonesia dengan mengadakan pergelaran produk unggulan masing-masing daerah. Stand-stand pameran dari puluhan pemerintah kabupaten/kota dan provinsi se-Indonesia dapat dikunjungi pada gelaran ini. Setiap stand menampilkan beragam informasi khususnya profil pariwisata dan potensinya. Pengunjung atau para calon investor juga dapat melihat video tentang kebudayaan, potensi wisata dan produk-produk unggulan dari berbagai daerah melalui LED TV yang tersedia.

PPBI yang diselenggarakan sejak 2007 ini, sebelumnya bernama Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI). Pada ajang itu, diadakan sejumlah kegiatan, seperti pameran, konferensi, gelar seni dan budaya, launching Penghargaan Kota Pusaka, serta launching Penghargaan Warisan Budaya dan Alam Indonesia.

Sementara itu, selain minum jamu bersama, acara pembukaan kali ini juga dimeriahkan dengan atraksi budaya berupa sajian ragam tarian tradisional, seperti Tari Payung dari Bali, Tari Serimpi, Tari Soya-soya, dan sebagainya. (M. MUCHLAS ROZIKIN/N).

Berita Terbaru