Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Katingan dan Kepala SKPD Tanda Tangani Komitmen Inovasi

  • Oleh Abdul Gofur
  • 20 Oktober 2016 - 13:03 WIB

BORNEONEWS, Katingan - Bupati Katingan, Ahmad Yantenglie bersama seluruh kepala SKPD menandatangani komitmen inovasi dan kegiatan laboratorium inovasi, di Aula Bappeda katingan, Rabu (19/10/2016) sore. Ini merupakan lanjutan kegiatan pencanangan laboratorium inovasi yang telah dilaksanakan 10 Maret 2016.

"Kami berharap dengan adanya bimbingan dan arahan dari pihak pusat kajian pendidikan dan pelatihan aparatur III lembaga dan administrasi negera Samarinda, target penciptaan dan pelaksanaan inovasi di Kabupaten Katingan dapat terwujud sesuai harapan semua," kata Bupati Ahmad Yantenglie usai penandatanganan komitmen.

Menurut Bupati Tenglie penciptaan inovasi daerah telah menjadi suatu kewajiban seperti tercantum dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. "Yaitu dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, pemerintah daerah dapat melakukan inovasi," sebutnya.

Untuk itu orang bomor satu di Bumi Penyang Hinje Simpei ini berharap dalam tahap lanjutan dan diagnosa ini nantinya komitmen yang akan diberikan akan berbuah pada ide-ide inovasi yang akan mampu memecahkan masalah yang ada pada SKPD masing-masing. "Harap diingat ide-ide inovasi ini tidak harus memakan biaya yang besar dan tidak selalu berbasis teknologi."

Bupati Tenglie menggambarkan misalnya berinovasi dengan memanfaatkan serta memaksimalkan fungsi sarana dan prasarana yang telah ada. Yaitu inovasi dapat mereplikasi inovasi yang sudah ada tetapi dengan modifikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik pelayanan masing-masing.

"Selama ini telah banyak di negara kita yang berhasil menciptakan inovasi yang bertujuan tidak hanya untuk mempersingkat birokrasi yang selama ini menjadi cap buruk pemerintahan tapi juga meningkatkan kualitas dan standar pelayanan di bidang pemerintahan, inovasi dapat dimulai dari hal penyederhanaan prosedur," imbuhnya.

Pada kesempatan itu hadir nara sumber DR Mariman Darto Kepala Pusat Kajian dan Pendidikan an Pelatihan Aparatur III Lembaga Administrasi Negara Samarinda, Kaltim. (ABDUL GOFUR/N).

Berita Terbaru