Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SMAN 5 Juara Dua Debat Antinarkoba yang Digelar Pemkot

  • Oleh Testi Priscilla
  • 20 Oktober 2016 - 22:13 WIB

BORNEONEWS, PALANGKA RAYA -- SMAN 5 Palangka Raya meraih juara dua dalam Debat Antinarkoba tingkat SMA yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya Bidang Kesejahteran Rakyat yang digelar Rabu (19/10/2016) lalu. Bertajuk "Pengaruh Narkoba dan Akibatnya" kegiatan ini diikuti 10 tim dari SMA/MA/SMK se-Palangka Raya di Gedung Palampang Tarung, Jalan Tjilik Riwut Km 3,5.

SMAN 5 Palangka Raya yang mengirimkan Sofiani Tria Ningsih, Telsy Aldemadra Nomorrisa, dan Meyustina N. Sitohang sebagai wakilnya meraih juara kedua setelah sukses melewati babak penyisihan, enam besar, dan final. Meski belum berhasil meraih yang terbaik, prestasi ini telah memberikan rasa syukur dan kebanggaan tersendiri untuk keluarga besar sekolah yang terletak di Jalan Tingang Km 3,5 ini.

"Kami bersyukur bisa menyumbangkan prestasi melalui lomba debat ini. Walau hanya meraih juara 2, kami yakin kegiatan ini amat bermakna. Mudah-mudahan ini merupakan bagian dari aksi kami turut menyosialisasikan bahaya penyalahgunaan narkoba bagi para pelajar," tutur Sofiani Tria Ningsih, Siswi Kelas XII IPA mewakili rekan-rekannya, Telsy Aldemadra Nomorrisa, dan Meyustina Noviantika Sitohang.

Ia berharap prestasi yang ia berikan bersama rekannya ini dapat diikuti oleh teman-teman dan adik-adik kelasnya.

"Harapan kami juga para siswa Kalteng, khususnya siswa SMAN 5 Palangka Raya mampu mencegah penyalahgunaan narkoba. Sebagai siswa harus menyadari dan turut memerangi bahaya narkoba yang bisa merusak generasi muda," tambahnya.

Sepakat dengan hal itu, guru pendamping, Truli Kinarsih menyatakan bahwa untuk turut memerangi narkoba harus memiliki pemahaman yang kuat tentang jenis-jenis narkoba serta langkah pencegahannya. Salah satu aksi yang dilakukan para siswa adalah menyampaikannya melalui lomba debat. Dengan berdebat, siswa bisa mengemukakan pikiran dan argument yang logis dengan dukungan data yang kuat bahwa bahaya narkoba begitu besar dan harus dicegah.

"Saya mendukung partisipasi siswa untuk meraih prestasi. Semoga ini bisa dicontoh adik-adiknya untuk meneruskan tradisi berprestasi serta melancarkan komunikasi," ungkapnya.

Sementara itu Kepala SMAN 5 Palangka Raya, H. Arbusin juga mengharapkan prestasi anak didiknya bisa terus ditingkatkan. Ia mengimbau para siswa untuk senantiasa belajar dengan sungguh-sungguh agar bisa meraih prestasi akademik dan nonakademik.

"Bagus. Saya selaku kepala sekolah senantiasa berusahan memfasilitasi kegiatan kesiswaan. Kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler sama pentingnya untuk menumbuhkan minat, bakat, dan kompetensi siswa," pungkasnya saat diwawancarai di ruang kerjanya, Kamis (20/10/2016).  (TP/*)

Berita Terbaru