Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Timor Tengah Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Tanjung Harapan Barito Utara Terancam jadi Tinggal Harapan

  • Oleh Ramadani
  • 20 Oktober 2016 - 17:28 WIB

BORNEONEWS, Barito Utara - Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Gunung Purei, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, yang berdekatan dengan Kutai Barat, Kalimantan Timur, terancam menjadi tinggal harapan. Pasalnya, warga merasa kurang mendapat perhatian dari pemerintah daerah. Sampai hari ini, wilayah yang berbatasan dengan Kaltim ini, masih terisolasi, karena kurangnya akses jalan. Kalaupun ada jalan, kondisinya pasti seperti kubangan kerbau di musim hujan, dan menebarkan debu di musim kemarau.

"Bisa-bisa warga meninggalkan desa tersebut, dan Desa Tanjung Harapan hanya tinggal kenangan, terutama bagi Kabupaten Barito Utara yang memiliki masyarakatnya di desa tersebut,' kata Ketua Komisi A DPRD Barut, Hj Nurul Ainy, Kamis (20/10/2016).

Desa Tanjung Harapan ini awal mulanya adalah salah satu desa yang cukup banyak menawarkan hasil alam melimpah. Namun, warga kesulitan memasarkan hasil pertaniannya, karena jalur angkutan sungai yang memungkinkan dilayari, cukup mendebarkan hati.

Padahal, jarak antara desa menuju ibu kota Kecamatan sekitar 12 kilometer. Nurul mengatakan, dari jarak sekitar 12 kilometer itu, sekitar tujuh kilometer telah dibuka oleh masyarakat desa,  jadi hanya 5 km yang perlu dilakukan pembukaan jalan oleh pemerintah daerah. 'Saat sungai sedang surut, kemungkinan warga tidak dapat menuju ibukota kecamatan.'

Nurul mengungkapkan, masyarakat setempat sangat berharap banyak kepada pemerintah daerah agar dapat membuka jalur darat. Bila akses itu tidak terbuka, warga desa ini akan terus-menerus kesulitan walaupun penduduknya tergolong sedikit, hanya 20 jiwa.

'Masyarakat berharap badan jalan itu dibuka, itu sudah cukup untuk sementara. Oleh sebab itu, harapan kita dari DPRD agar desa unik ini diperhatikan, karena semua penduduknya jadi pejabat desa,' tandasnya. (RAMADANI/N).

Berita Terbaru