Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mukomuko Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Barito Utara Tekan Kematian Ibu dan Bayi dengan AMP

  • Oleh Ramadani
  • 21 Oktober 2016 - 16:03 WIB

BORNEONEWS, Barito Utara ' Dinas Kesehatan Barito Utara berupaya menekan angka kematian ibu dan bayi dengan melaksanakan audit maternal perinatal (AMP). Angka kematian ibu dan bayi di wilayah yang dipimpin Bupati H. Nadalsyah itu, mengalami fluktasi setiap tahun. Tahun 2016 sudah terdapat lima ibu dan 11 bayi meninggal.

'Saat ini, status kesehatan ibu dan anak masih jauh dari harapan. Ini ditandai dengan masih tingginya angka kematian ibu,' terang Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara, H Robansyah dalam pertemuan Audit Maternal Perinatal (AMP) di Aula Dinkes Barut, kemarin.

Robansyah menjelaskan, penyebab kematian utama bayi di Barito Utara didominasi karena berat bayi lahir rendah dengan delapan kasus, asfiksa dua kasus dan kelainan congenital satu kasus. 'Sebab itu, salah satu upaya Dinkes Barut dalam percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi, dengan kegiatan audit maternal perinatal.'

Program kesehatan merupakan bagian dari pembangunan nasional. Untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat setinggi tingginya, diselenggarakan upaya kesehatan perorangan dan seluruh masyarakat. Di antaranya melalui pendekatan promotif, prefentiv, kuratif dan rehabilitatif secara terpadu, menyeluruh serta berkesinambungan. (RAMADANI/N).

Berita Terbaru