Software Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Di Kalimantan Tengah, Menpora Bakal Disambut 1.510 Pemuda

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 21 Oktober 2016 - 13:25 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Kalimantan Tengah tidak pernah sepi dari kunjungan menteri, dan para pejabat tinggi. Bulan ini, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. Menteri asal PKB itu dijadwalkan berada di Kalteng, 27 Oktober 2016. Kedatangannya bakal disambut sedikitnya 1.510 pemuda se-Indonesia yang bertemu di Palangka Raya.

Di wilayah yang dipimpin Gubernur Sugianto Sabran itu, ada tiga agenda yang menyambut Nahrawi. Yaitu peringatan hari sumpah pemuda (HSP) ke-88 tingkat Nasional lalu Jambore Pemuda Indonesia (JPI) 2016 dimana Kalteng menjadi tuan rumah, serta Ikrar Bersama Anak Bangsa (IBAB).

'JPI dan Puncak peringatan HSP ini akan dihadiri perwakilan pemuda dari 34 Provinsi yang datang ke sini masing-masing 15 orang/provinsi sehingga total 510 orang. Kemudian IBAB dari 14 kabupaten/kota, 70 orang/kabupaten sehingga total 1.000. Belum lagi Pejabat Kemenpora dan tokoh-tokoh pemuda,' kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalteng, Suyanto melalui Kabid Pengembangan Pemuda, Cristian Rain, Kamis (20/10/2016).

Kegiatan JPI dan Puncak HSP ini, sebelumnya sempat dikabarkan batal. Salah satunya karena adanya banyak pemangkasan anggaran di APBD Kalteng 2016. Namun kemudian mendapat kepastian kembali bahkan Rabu kemarin (19/10/2016) Deputi dan staf Ahli Kemenpora datang dan mengadakan rapat di Aula Eka Hapakat lantai 3 kantor gubernur dengan panitia lokal.

Intinya, memberi kepastian Kedatangan Menteri Nahrowi, lalu membahas hal teknis dan mematangkan jadwal yang akan dihadiri menteri selama dua hari di Palangka Raya nanti. Tim Kemenpora tersebut dipimpin Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI, Dr Jonni Mardizal.

'Kita memfinalkan jadwal. Menteri datang langsung membuka Kirab Budaya Pemuda Nusantara 34 Provinsi pada pukul 14.00 WIB hingga sore hari. Malamnya, adalah jamuan makan malam bersama gubernur dan dilanjut dengan Malam Pencerahan Kebangsaan oleh Menpora di halaman Istana Isen Mulang yang dihadiri 2 ribu pemuda,' bebernya.

Paginya, sambung dia, dilanjut dengan acara utama, yaitu Puncak acara peringatan HSP yang memang diperingati setiap 28 Oktober. Dalam upacara di Lapangan Sanaman Mantikei ini, Menpora juga dijadwalkan sekaligus membuka JPI 2016 dan pelaksanaan IBAB.

'Persiapan panitia sudah matang. Sebagian memang di EO-kan oleh kementerian, dan perlu diketahui ini kan acara Pusat yang diletakkan di daerah, sehingga pendanaan banyak dari APBN,'

'Keseluruhan acara akan berlangsung meriah. Selain Kirab dan acara utama, ada Jambore Pemuda yang diisi dengan Kemah selama 5 hari dari 26-31 Oktober. Berikutnya ada pameran kreatifitas pemuda dan pameran teknologi Youthtech, Workshop, seminar, lomba senam kreasi daerah oleh peserta dari 34 provinsi,' tambahnya. (M. MUCHLAS ROZIKIN/N).

Berita Terbaru