Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surakarta Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satelit TERRA ' AQUA Deteksi Empat Titik Api di Sukamara

  • Oleh Norhasanah
  • 21 Oktober 2016 - 19:45 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Berdasarkan pantauan dari satelit TERRA ' AQUA tercatat empat titik panas terdeteksi di Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah. Untuk memastikan adanya hotspot tersebut, Polres Sukamara, Polsek Sukamara, Koramil, Damkar Tagana serta Badan Lingkungan Hidup yang tergabung dalam Tim Satgas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) menuju lokasi titik yang terpantau satelit. Ternyata tidak ada.

"Tim bergerak menuju wilayah Kelurahan Padang ujung, Kampung Sambas, Desa Karta Mulya dan Kelurahan Mendawai untuk memastikan adanya titik panas. Setelah dicek ternyata tidak dijumpai adanya kebakaran hutan dan lahan,' kata Kapolsek Sukamara, Ipda Bimasa Zebua, Jumat (21/10)

Informasi yang didapat dari satelit TERRA ' AQUA selalu dilakukan pembaharuan atau di update guna memantau terjadinya titik panas disuatu wilayah meskipun tingkat akurasi yang didapat hanya mencapai 40 persen.

'Patroli tetap dilakukan untuk memastikan adanya titik panas atau kebakaran hutan dan lahan diwilayah Sukamara,' ucap Ipda Bimasa Zebua.

Upaya menekan angka kebakaran di wilayah Sukamara dirinya terus melakukan sosialiasi kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan meskipun untuk kepentingan pertanian, dan jika masih ada warga yang nekat melakukan pembakaran maka pihaknya tidak segan-segan melakukan tindakan tegas dengan menahan pelaku.

'Karena ini adalah intruksi langsung dari presiden, Sehingga kami ditugaskan oleh Kapolri turun ke Kapolda turun Polres dan Polsek bahwa membakar hutan secara sengaja itu dilarang. Sehingga menindaklanjuti hal tersebut kami setiap hari melakukan sosialiasi kepada masyarakat' tutur Ipda Bimasa Zebua. (MG-13/N).

Berita Terbaru