Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toraja Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotawaringin Timur Diminta Respon Promosi Pertanian

  • Oleh M. Rifqi
  • 24 Oktober 2016 - 16:54 WIB

BORNEONEWS, Kotawaringin Timur - Anggota Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Ida Laila berharap produksi petani lebih ditingkatkan agar mendapat nilai ekonomis dan mampu menciptakan peluang pasar. Untuk itu, Bupati Kotim, Supian Hadi diminta merespon promosi pertanian.

'Semakin banyak promosi produk petani di pasar tradisional dan modern, semakin tumbuh rasa cinta terhadap produk lokal,' kata anggota Komisi II DPRD Kotim, Ida Laila, saat dihubungi, Minggu (23/10/2016).

Menurut Ida, bupati harus merespon program-program pertanian dengan meminta lintas instansi terkait membantu promosi produk-produk lokal hasil pertanian. Misalnya dengan meminta dinas pertanian peternakan penyuluhan dan ketahanan pangan (DP3KP) mengumpulkan para petani yang siap menjual langsung hasil pertaniannya. Sehingga harga jualnya lebih murah dibandingkan di pasaran.

Sedangkan dinas perindustrian perdagangan dan pengelolaan pasar (Disperindagsar) memfasilitasi tempat yang lebih representatif dan bisa menjangkau lebih banyak konsumen untuk para petani menjual langsung hasil produksinya..

'Kalau DP3KP hanya jalan sendiri memikirkan bagaimana petani mempromosikan hasil pertaniannya, ya seperti itu saja, tidak akan berkembang,' ucap Ida.

Menurut politisi PPP itu, banyak produk pertanian unggulan Kotim yang berpotensi masuk pasar modern seperti pisang, nenas, sayur mayur, dan beras lokal.

'Dengan adanya pasar petani, diharapkan mampu mempromosikan produk lokal yang gilirannnya meningkatkan pendapatan petani,' katanya.

Selama ini tinggi ongkos produksi, sarana pemasaran, keterbatasan modal yang menjadikan kelemahan bagi petani.

Sementara itu, Kepala DP3KP Kotim I Made Dikantara mengaku pihaknya tengah menggarap promosi hasil produksi petani, namun saat ini baru dibuka dengan skala kecil dan baru digelar satu kali dalam sepekan.

'Kami memfasilitasi promosi pertanian untuk membantu mempertemkan petani langsung dengan konsumen,' kata dia. (M. RIFQI/N).

Berita Terbaru