Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lingga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiga Pola Kapolres Amankan Pilkada Barito Selatan

  • Oleh Uriutu
  • 23 Oktober 2016 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Kapolres Barito Selatan (Barsel) AKBP Yussak Angga siap mengamankan Pilkada Barito Selatan (Barsel) 2017 dengan tiga pola. 

'Tiga pola pengamanan itu yakni, pola aman, pola rawan satu dan pola rawan dua,' kata Yussak Angga kepada Borneonews via telepon selulernya, Minggu (23/10/2016). 

Ia mengatakan, mekanisme tiga pola pengamanan tersebut disesuaikan dengan kondisi dan pola pengamanan ini berdasarkan surat keputusan dari Kapolri nomor 319. 

Untuk pengamanan kategori aman nantinya akan ditempatkan satu anggota polisi dan enam anggota Linmas untuk ditiga Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

Sedangkan pengamanan pola rawan satu lanjut dia, akan ditempatkan satu orang anggota polisi, empat anggota Linmas di didua TPS dan untuk pola rawan dua ditempatkan 1 anggota polisi dan dua linmas pada satu TPS. 

Untuk situasi ini tidak baku dan indikatornya akan dilihat dari lokasi wilayah, kesulitan jaringan dan bagaimana komposisi penduduk serta tingkat kriminalitas, termasuk suasana politik diwilayah tersebut. 

'Apabila eskalasinya meningkat, maka kita bersama dengan BKO TNI akan bergeser dengan cepat untuk mengamankan di tempat yang rawan tersebut,' bebernya. 

Terpisah Bupati Barsel Mugeni mengatakan, untuk pengamanan Pilkada ini pihaknya juga akan menurunkan sebanyak 640 anggota Linmas yang akan bergabung dengan pihak Polres Barsel. 

'Anggota Linmas itu nantinya akan mendapat bimbingan teknis dan arahan dari Polres Barsel supaya mereka bisa siap menjalankan tugasnya,' ucap dia. 

Ia berharap dengan  adanya pengamanan yang telah dipersiapkan semua instansi ini, pelaksanaan Pilkada Barsel 2017 mendatang bisa berjalan dengan aman, lancar, tertib dan sukses. (URIUTU DJAPER/*)

Berita Terbaru