Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Soppeng Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Seruyan Sudah Tanami 60 Ribu Hektar Kopi di Seruyan Hulu

  • Oleh Parnen
  • 24 Oktober 2016 - 12:43 WIB

BORNEONEWS, Seruyan -- Demi mengembalikan masa kejayaan Kecamatan Seruyan Hulu sebagai daerah penghasil kopi seperti yang pernah ditemui di era tahun 80-an, pemerintah Kabupaten Seruyan sekarang sudah melakukan penanaman komoditas tanaman kopi seluas 60 ribu hektare.

Menurut Bupati Seruyan Sudarsono, puluhan ribu hektare tanaman kopi di kecamatan itu, akan terus dilanjutkan seiring dengan semakin membaiknya perkembangan pertumbuhan tanaman kopi tersebut.

'Kalau kita lihat dari pertumbuhan kopi itu sangat menjanjikan dengan didukung  kondisi lahan serta dari segi topografi wilayah Seruyan Hulu yang banyak terdapat areal perbukitan. Pengembangan kembali tanaman kopi ini akan terus kita lanjutkan. Penanaman itu merupakan bentuk upaya yang dilakukan pemkab guna kembali bisa memunculkan komoditas tanaman perkebunan baru di Seruyan,' kata Sudarsono di Kuala Pembuang.

Sudarsono melanjutkan, pihaknya lebih memilih terobosan dengan menanam komoditas kopi, daripada memilih komoditas tanaman perkebunan karet. Karena dari penilaiannya, seringkali gairah usaha untuk membudidayakan atau menekuni perkebunan karet ini sering mengalami kelesuan. Hal itu disebabkan lantaran harga karet yang sering tidak stabil.

'Ini saja sekarang untuk harga yang dijual di pasaran masih tidak maksimal. Artinya, harga karet ditingkat petani masih mengalami penurunan,' ujar Sudarsono.  (PARNEN/*)

Berita Terbaru