Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Luwu Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sebagai Gerbang Pariwisata, Pelabuhan Panglima Utar-Kumai Perlu Direnovasi

  • Oleh Ariananta
  • 23 Oktober 2016 - 22:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya -- Anggota DPRD Kalteng dari Dapil III, meliputi Kabupaten Kobar, Lamandau dan Sukamara, Nataliasi mendukung rencana PT Pelindo III Cabang Kumai di bawah Pelindo Surabaya yang dalam waktu dekat berencana akan merenovasi dan membangun terminal baru pelabuhan laut Panglima Utar.

'Kita mendukung rencana renovasi, pasalnya melihat intensitas penumpang yang cukup tinggi terutama menjelang  lebaran Idul Fitri,' kata Nataliasi di DPRD Kalteng.

Sebagai gambaran,  tuturnya, berdasarkan informasi pihak Pelindo III saat menjelang Idul Fitri, Pelindo III Cabang Trisakti Banjarmasin jumlah penumpang hanya mencapai 12 ribu orang, Pelindo III Cabang Batu Licin jumlah penumpang delapan ribu orang sedangkan Pelindo III Cabang Kumai jumlah penumpang mencapai 30 ribu orang dengan berbagai tujuan di Pulau Jawa.

Dikatakan jumlah penumpang pada hari biasa yang berangkat ke berbagai tujuan di Pulau Jawa mencapai tujuh ribu orang setiap keberangkatan dan dapat ditampung sesuai kapasitas terminal. Namun pada hari-hari tertentu seperti menjelang hari besar keagamaan jumlah penumpang meningkat mencapai 30 ' 40 ribu orang tiap kali keberangkatan melebihi daya tampung terminal.

'Akibatnya penumpang sampai meluber keluar terminal pelabuhan, sedangkan di pinggir-pinggir jalan dipenuhi pedagang kaki lima. Kondisinya  juga kumuh akibatnya memperlambat arus lalu lintas di sekitar pelabuhan,' katanya.

Diungkapkan anggota Fraksi PAN yang juga anggota Komisi A DPRD Kalteng ini, untuk memberikan pelayanan serta kenyaman bagi penumpang, PT Pelindo III Cabang Kumai berencana merenovasi dan membangun terminal baru dari kapasitas 700 penumpang akan ditingkatkan menjadi 1500 penumpang dengan fasilitas ruangan VIV, ruang tunggu dan kamar kecil begitu juga sekitar pelabuhan akan ditata agar kelihatan menarik.

'Hal ini juga terkait promosi wisata bahwa pelabuhan Kumai sebagai pintu gerbang masuknya turis mancanegara ke Kabupaten Kobar untuk melihat/menikmati berbagai objek wisata yang ada di sana,' pungkasnya.  (art/*)    

Berita Terbaru