Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pematangsiantar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hujan Lebat: Rumah Warga Kumai Ini Tertimpa Longsor

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 23 Oktober 2016 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, KUmai-- Hujan lebat yang mengguyur sejak sore hari menyebabkan tebing setinggi 10 meter longsor dan mengubur bagian dinding depan rumah Rusli Efendi warga RT 02, Kelurahan Candi, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat sekitar pukul 18.00 WIB, Minggu (23/10/2016).

Menurut sumber Borneonews di lapangan saat hujan deras yang disertai petir dan guntur membuat tebing tinggi yang berada di belakang rumah warga longsor. Walau tidak menyebabkan rumah Rusli Efendi ambruk tetapi longsoran menutupi dinding rumah hingga bagian depan setinggi satu meter.

" Akibat hujan deras sore tadi bagian samping hingga ke depan tertimbun material tanah merah dari longsoran tebing," kata Wito kepada  Borneonews di lokasi kejadian, Minggu (23/10/2016) malam ini.

Meskipun longsoran hanya mengenai dinding rumah namun dikhawatirkan longsoran susulan akan kembali terjadi mengingat hujan deras hingga pukul 21.10 WIB masih berlangsung.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan BPBD Kobar dan Damkar serta aparat Polsek Kumai dan Koramil Kumai melakukan proses evakuasi.  " Kita khawatir mengingat hujan masih berlangsung maka kita lakukan evakuasi tiga rumah yang kita nilai rawan terkena longsor susulan," kata anggota Damkar Kobar Rizki Dwi Fachrozie di lokasi kejadian.

Upaya yang saat ini dilakukan adalah dengan melakukan pengerukan bagian longsor serta mengeruk bagian atas tebing yang terdapat pohon-pohon besar yang rawan tumbang. Pemkab Kobar melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kobar mengerahkan satu alat berat jenis eksavator mini.  " Satu alat berat milik PU yang akan melakukan evakuasi pengerukan bagian atas tebing yang terdapat pohon besar," kata Rizki. (KK/*)

Berita Terbaru