Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BMKG: Waspada Musim Hujan akan Panjang

  • Oleh M. Rifqi
  • 24 Oktober 2016 - 18:16 WIB

BORNEONEWS, Kotawaringin Timur - Masyarakat diminta senantiasa waspada mengingat musim hujan, disertai petir akan lebih panjang masanya. Kondisi cuaca berawan dan tiba-tiba turun hujan ringan mulai intens menyelimuti wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Musim hujan kali ini akan terjadi hingga pertengahan tahun depan.

'Itu terjadi karena tidak adanya kemarau ekstrem yang terjadi saat musim kemarau lalu. Musim hujan  mulai berlangsung akhir Agustus lalu dan akan berlangsung hingga awal Mei 2017,' kata Kepala Stasiun Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandara H Asan Sampit, Kotim, Nur Setiawan, Senin (24/10/2016). 

Saat ini sebagaian besar wilayah Kalimantan Tengah telah memasuki musim hujan dengan intensitas hujan ringan, sesekali disertai kilat atau petir dan angin kencang. Pucak hujan diperkirakan baru terjadi pada Desember mendatang.  'Ini baru awal musim hujan, puncaknya kami perkirakan pada bulan Desember nanti,' ucap Kepala Stasiun BMKG Kotim, Nur Setiawan.

Setiawan pun mengimbau agar warga yang berdomisili di daerah aliran sungai untuk waspada. Dikhawatirkan jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi akan air sungai akan meninggi dan berpotensi terjadi banjir.

Selain itu, warga juga perlu mewaspadai potensi terjadinya angin kencang yang disertai petir, terutama di saat sore menjelang malam hari. Sebab, kondisi cuaca ceat berubah dan tidak bisa diprediksi.

'Khusus bagi nelayan, operator jasa transportasi laut, serta masyarakat yang berlibur ke wilayah pesisir juga diminta untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi di laut,' kata Setiawan. (M. RIFQI/N).

Berita Terbaru