Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toli-Toli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkatkan Produksi, Purbasari Kembangkan Budidaya Padi Jejer Legowo

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 25 Oktober 2016 - 15:44 WIB

BORNEONEWS, Kotawaringin Barat - Desa Purbasari, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah mengembangkan budidaya padi jejer legowo di kawasan pertanian seluas 25 hektare. Pengelolaan tanaman terpadu jejer legowo, salah satu teknologi perbaikan budidaya yang akan meningkatkan populasi tanaman sehingga diharapkan produktivitas meningkat seiring dengan pengelolaan intensif.

"Teknologi budidaya padi jejer legowo merupakan upaya peningkatan produksi pertanian padi dengan perbaikan budidaya padi mulai dari varietas unggul, benih bermutu, persemaian hingga pengendalian hama secara terpadu. Banyak keuntungan dan manfaat dari budidaya padi jejer legowo yang bisa diperoleh petani," kata Kepala KP2KP Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Abet Nego, di Desa Purbasari saat penanaman padi bersama, Senin (24/10/2016).

Adapun keuntungan yang diperoleh adalah penambahan jumlah tanaman padi, meningkatkan produksi tanaman padi, memperbaiki kualitas gabah dan mengurangi serangan penyakit serta mempermudah dalam perawatan. "Dengan sistem ini sinar matahari akan maksimal dipancarkan dan efisiensi tenaga kerja," terang Abet.

Selain itu menurut Abet padi jejer legowo juga dari segi produktifitas lebih menghasilkan dibanding dengan cara tanam konvensional yang ada sekarang. Dengan masa tanam mencapai tiga bulan hasil panen yang diperoleh petani dengan kondisi persawahan mencapai enam ton, sementara dengan kondisi tanah seperti yang ada di Desa Purbasari bisa mencapai Tiga ton.

" Tentu lebih menghasilkan dibanding sistem tugal yang hanya mencapai dua ton perhektar sekali panen," ujar dia

Saat ini penanaman padi jejer legowo sudah dikembangkan di Desa Pangkalan Dewa dan Makarti Jaya serta akan menyusul Desa Purbasari. (KOKO SULISTYO/N).

Berita Terbaru