Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pelalawan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Distankannak Barito Utara Serahkan Bantuan 29.150 Kg Bibit Padi

  • Oleh Ramadani
  • 25 Oktober 2016 - 12:25 WIB

BORNEONEWS, Barito Utara - Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) melalui Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (Distankannak) menyerahkan bantuan bibit padi kepada kelompok tani di Kecamatan Teweh Tengah sebanyak 29.150 Kg. Bantuan bibit padi ditujuka untuk  tujuh desa di Kecamatan Teweh Tengah, dengan jumlah kelompok tani sebanyak  47 kelompok dengan luas lahan sekitar 1.166 hektare.

'Para kelompok tani di Kecamatan Teweh Tengah ini mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Barito Utara yang telah memberikan bantuan bibit padi,' kata Camat Teweh Tengah, Everyadi Noor, Selasa (25/10/2016).

Everiadi Noor mengatakan, ketujuh desa tersebut yaitu Desa/Kelurahan Lanjas, Desa Pendreh, Desa Datai Nirui, Desa Beringin Raya, Desa Rimba Sari, Desa Sei Rahayu I dan Desa Sei Rahayu II.

Untuk Kelurahan Lanjas sebanyak lima kelompok tani dengan luas lahan 126 hektare dengan bibit padi  3.150 kg. Desa Pendreh sembilan kelompok tani dengan luas lahan 220 hektar dengan bibit padi sebanyak 5.500 kg. Desa Datai Nirui  dan Desa Beringin Raya masing masing tiga kelompok tani dengan lahan sekitar 75 hektar dan bibit padi yang diserahkan sebanyak 1.875 kg.

Menurut Camat Teweh Tengah, Desa Rimba Sari 15 kelompok tani dengan luas lahan sekitar 375 hektare dengan bantuan bibit padi sebanyak 9.375 kg. Sedangkan untuk Desa Sei Rahayu I ada dua kelompok tani dengan luas lahan sekitar 45 hektar dengan bantuan bibit sebanyak 1.125 kg.

Desa Sei Rahayu II dengan 10 kelompok tani luas lahan sekitar 250 hektare, bantuan bibit padi yang diserahkan sebanyak 6.250 kg. 'Para kelompok tani di Kecamatan Teweh Tengah ini mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Barito Utara yang telah memberikan bantuan bibit padi,' kata Camat Teweh Tengah, Everyadi Noor.

Camat Teweh Tengah juga meminta kepada para kelompok petani tidak membuka lahan baru dan memanfaatkan lahan yang sudah ada. Camat juga menjelaskan bahwa masyarakat di Km 52, 53, 54 dan 55 meminta kepada Pemkab Barito Utara agar dapat memberikan bantuan bibit padi, jagung dan kedele (Pajale). Pasalnya penjualan pajale ini sangat laku dipasaran.

'Hal itu disebabkan dengan adanya transportasi yang sudah nyaman untuk membawa hasil pertanian baik untuk dijual ke ibukota Kabupaten Barito Utara maupun ke kabupaten tetangga Kabupaten Murung Raya,' katanya.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Peternakan Barito Utara, Setia Budi mengatakan bahwa untuk masyarakat di Km 52, 53, 54 dan 55 setiap tahun diberikan bantuan bibit Pajale. 'Setiap tahun kita memberikan bantuan bibit pajale kepada masyarakat di daerah itu," kata Setia Budi. (RAMADANI/N).

Berita Terbaru