Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesisir Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPMPD Murung Raya Optimistis Dana Transfer Desa Terserap 100 Persen

  • Oleh Supri Adi
  • 26 Oktober 2016 - 14:43 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Murung Raya (Mura) Sarwo Mintarjo  yakin serta optimis bahwa dana bantuan pemerintah pusat untuk program pembangunan infrastruktur di desa tahun 2016 ini akan terserap 100 persen.

"Untuk tahun 2016 ini bantuan transfer APBN ke Kabupaten Mura untuk infrastruktur desa yang besarnya kurang lebih 74 miliar rupiah kami yakin akan terserap semua oleh sebanyak 116 desa," ungkap Sarwo  di ruang kerjanya.

Disampaikan Sarwo keyakinan akan terserapnya semua dana bantuan tersebut karena untuk tahap pertama dari proses penyaluran sudah mencapai 95 persen dan sekarang sudah dalam proses penyaluran tahap ke dua.

"Tinggal ada satu atau dua desa yang masih dalam penyelesaian tahap pertama. Sesuai dengan aturan pemerintah dana transfer ini untuk tahap pertama diberikan sebanyak 60 persen dari 74 miliar dan sisanya tahap ke dua sebanyak 40 persen," tambah Sarwo.

Disampaikan Sarwo dalam proses transfer dana desa pihak BPMPD hanya berperan sebagai fasilitator saja sebab dana tersebut dari pemerintah pusat langsung dikirimkan ke rekening desa.

Tidak hanya itu, Sarwo juga mengatakan peran pihak kecamatan juga sangat penting dalam proses penggunaan dana transfer ini yang tidak lain tujuannya untuk memonitor apakah dana tersebut diperuntukan sesuai tujuan atau tidak.

"Semua pihak tanpa kecuali diharapkan bisa mengawasi penggunaan dana transfer ini, terutama tim pendamping di 10 kecamatan agar betul-betul bekerja maksimal guna mengarahkan dana desa bisa sesuai peruntukannya," tambah Sarwo.(SU/*)

Berita Terbaru